DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 20:22 WIB

Respons Jokowi Soal Inpres Perdagangan Antar Daerah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Respons Jokowi Soal Inpres Perdagangan Antar Daerah Presiden Jokowi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Presiden Joko Widodo merespons positif sejumlah permintaan gubernur se-Indonesia terkait usulan diterbitkannya Instruksi Presiden (Inpres) penguatan kerja sama perdagangan antar daerah. Jokowi berjanji akan menindaklanjutinya sebagai dukungan pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (22/2/2018). Tema besar yang dibahas yakni kerja sama perdagangan daerah untuk memperkuat perekonomian nasional.

Jokowi mengakui pembentukan desk khusus dapat mengintegrasikan pola distribusi perdagangan antar provinsi. Sehingga, sambung dia, pola distribusi yang selama ini belum optimal menjadi lebih cepat.

"Saya kira ini membentuk sebuah desk dalam rangka mengintegrasikan pola distribusi dari provinsi ke provinsi mana yang lebih dan kurang, sehingga cepat," kata Jokowi.


Sementara soal Inpres, Jokowi akan membahasnya lebih detail. Namun yang pasti, Jokowi pun berharap, kerja sama perdagangan yang dibangun pemerintah provinsi tidak menemui kendala terutama dalam proses administrasi.

"Ini yang mau kita bahas nanti detailnya seperti apa, harusnya memudahkan, mempercepat," ujarnya.

Menurutnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah, pemerintah harus memangkas jalur birokrasi yang cenderung rumit. Hal itu agar dunia usaha dapat berkembang pesat dan ujung-ujungnya tercipta lapangan kerja bagi masyarakat.

"Problemnya, lamanya perizinan, banyaknya regulasi, aturan, rekomendasi, dan lain-lain, itu yang saya minta secepat-cepatnya dipangkas," tutur Jokowi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed