Cegah Massa ke Jakarta, Polres Garut Gelar Operasi Skala Besar

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 17 Apr 2017 21:45 WIB
Foto: Hakim Ghani
Foto: Hakim Ghani
Garut - Polisi mengantisipasi pergerakan massa dari Garut yang hendak berangkat ke Jakarta pada hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Rabu 19 April 2017. Operasi skala besar digulirkan Polres Garut guna menjalankan maklumat Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan.

Polres Garut menjalin koordinasi dan komunikasi kepada seluruh jajarannya hingga ke sektor-sektor di Garut untuk meredam mobilisasi massa. Selain itu, polisi berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan para ulama.

"Jajaran Polres Garut menyampaikan imbauan ke masyarakat melalui kepolisian sektor dan para tokoh masyarakat juga tokoh ulama. Kami berpesan agar warga Garut tidak berangkat ke Jakarta guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kabag Ops Polres Garut Kompol Liman Heryawan kepada detikcom via telepon, Senin malam (17/4/2017).

Baca juga: Polda Jabar Larang Mobilisasi Massa Terkait Pilkada Jakarta

Imbauan tersebut berdasarkan maklumat Kapolda Jabar yang melarang mobilisasi massa dari Jabar ke Jakarta berkaitan Pilkada DKI putaran kedua. Upaya tindakan di lapangan, sambung Liman, Polres Garut siap menggelar operasi skala besar untuk mencegah keberangkatan massa ke Jakarta mulai malam ini.

Operasi tersebut terbagi lima zona. "Kita akan melakukan operasi skala besar dalam waktu yang sudah ditentukan. Dibagi dalam zona timur, barat, selatan, utara dan di pusat perkotaan," tutur Liman. (bbn/bbn)