INTERMESO

Sensasi Nonton Bioskop Drive-In

“Ini bisa jadi alternatif hiburan karena aman banget.”

Ilustrasi: Luthfy Syahban

Senin, 24 Agustus 2020

Berbulan-bulan sudah Dwiky mati gaya karena pandemi COVID-19. Selama masa penerapan social distancing, ritual kencan Dwiky dengan sang pacar jadi berubah drastis. Salah satunya nonton di bioskop. Padahal dulu Dwiky bisa melenggang bebas ke bioskop jika ada pemutaran film baru.

“Apalagi sampai sekarang belum ada kejelasan kapan bioskop bakal dibuka. Kalaupun (bioskop) sudah buka juga, protokol kesehatannya bakal gimana?” ungkap Dwiky saat dihubungi detikX pekan lalu.

Tapi kali ini berbeda. Dua tiket nonton sudah ada di tangan Dwiky. Ketika senja menepi dan langit berubah jadi gelap, Dwiky bersama sang pacar segera mengarahkan mobilnya ke Mall @ Alam Sutera di Tangerang. Tentu ini bukan bioskop ilegal atau semacamnya. Dwiky mau menjajal pengalaman baru menikmati layanan teater kendara alias drive-in cinema di bawah naungan Drive In Senja.

Drive-In Senja merupakan official drive-in theater terkonsep pertama di Indonesia pada 2020 yang diselenggarakan oleh event organizer Katarsis Live. Drive In Senja hadir untuk memberikan hiburan yang aman dan nyaman di tengah pandemi. Teater kendara ini diselenggarakan sejak 1 Agustus di Lapangan Parkir Utara seluas 3 hektare di Mall @ Alam Sutera.

Pengunjung sedang antre untuk menonton film dengan format drive-in
Foto : Dok. Drive In Senja

“Ini bisa jadi alternatif hiburan karena aman banget. Buat yang mau bawa anak kecil atau orang tua juga bisa karena ini contactless. Nggak perlu turun dari mobil sama sekali kecuali bagi yang mau ke toilet,” ujar Ashram Shahrivar, co founder Drive In Senja.

Ketika masuk lokasi, mobil Dwiky antre untuk menjalani serangkaian protokol kesehatan pandemi COVID-19. Mulai pengecekan suhu tubuh, pemberian cairan sanitasi tangan, penyemprotan cairan disinfektan, dan pemeriksaan kapasitas penumpang.

Kemudian pengunjung diarahkan mengambil makanan di pos selanjutnya sebelum memarkirkan mobil di tempat yang disediakan. Dwiky memesan Paket Ngedate Premium seharga Rp 265 ribu. Paket ini sudah termasuk dua tiket nonton dan dua varian burger dari Lawless Burgerbar.

“Mau bawa makanan sendiri sih juga bisa karena nggak diperiksa. Mau nonton sambil tumpengan juga bisa,” canda Dwiky. Malam itu, Dwiky menonton film Buffalo Boys, yang diperankan oleh Yoshi Sudarso, Ario Bayu, Pevita Pearce, dan Tio Pakusadewo.

Dalam sehari, Drive In Senja melakukan dua kali pemutaran film, yaitu pukul 18.30 WIB dan 21.30 WIB. Lapangan parkir dapat menampung hingga 130 mobil. Film ditayangkan pada proyektor besar. Sedangkan untuk sambungan suara, pengunjung memerlukan radio yang masih berfungsi.

“Pengunjung nggak perlu buka kaca mobil lagi karena kita kerja sama dengan beberapa radio. nantinya semua pengunjung akan atur ke frekuensi radio tersebut dan otomatis suaranya akan keluar,” tutur Ashram.

Mobil saat hendak masuk ke lokasi nonton drive-in cinema
Foto: Dok Drive In Senja


Ini bisa jadi alternatif hiburan karena aman banget. Buat yang mau bawa anak kecil atau orang tua juga bisa karena ini contactless. Nggak perlu turun dari mobil sama sekali kecuali bagi yang mau ke toilet.”

Film-film yang ditayangkan pun mengikuti konsep bioskop jadul. Kamu akan disuguhi film-film Hollywood dan beberapa karya dalam negeri keluaran 1970-1990-an. Kendati demikian, Ashram menuturkan, terdapat beberapa film Indonesia terbaru yang juga ditayangkan, seperti Laskar Pelangi, Cek Toko Sebelah, Kafir: Bersekutu dengan Setan, dan Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga.

“Yang paling seru dari drive in cinema ini karena kita dapat pengalaman yang benar-benar baru. Dan kita dapat privasinya sih, di dalam mobil ngobrol berisik juga boleh, nggak bakal takut terganggu atau mengganggu orang lain. Itu yang nggak akan kita dapatkan di bioskop konvensional,” tutur Dwiky setelah menyelesaikan teater kendara perdananya.

Menurut Dwiky, kehadiran teater kendara ini bisa saja jadi peluang baru untuk jasa sewa mobil. “Karena sampai ada teman yang mau sewa mobil saya buat ngerasain drive in cinema. Mungkin ini bisa jadi peluang bisnis baru. Sewa mobil khusus drive in cinema gitu,” ungkap Dwiky, yang bekerja sebagai driver online dan freelancer.

Antusiasme pengunjung drive in cinema begitu dirasakan oleh Drive In Senja. Setelah berakhir di Alam Sutera pada akhir Agustus nanti, teater kendara ini juga akan diselenggarakan di kota lain. ”Yang paling dekat rencana September ini bakal ada di Bandung, selanjutnya di Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Pastinya akan kita infokan di sosial media,“ ujar Ashram. 

Bukan hanya di Tangerang, kini Meikarta District 1 di Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, juga disulap menjadi area untuk teater kendara. Pengunjung bisa memarkirkan mobil sambil nonton film yang ditayangkan pada layar LED raksasa. Meikarta Drive-Thru Dine-In bisa menampung hingga 30 mobil. Pengunjung juga bisa membeli makanan di semua tenant District 1 Meikarta.

Pemandangan menonton bioskop dari dalam mobil
Foto: Dok Drive In Senja

"Intinya, ini untuk mendukung tekad pemerintah menggairahkan kembali proses pemulihan ekonomi, khususnya di sektor perdagangan secara bertahap dengan tetap melakukan protokol kesehatan cegah COVID-19 secara ketat," kata Head Marcomm Meikarta Andika Surya Pratama.

Para pengunjung dapat menyaksikan siaran yang ditampilkan pengelola dan tidak dipungut biaya. Langkah itu sebagai salah satu upaya menarik pengunjung membeli makanan di gerai-gerai di kawasan District 1 Meikarta, yang saat ini tengah mengalami masa-masa sulit akibat dampak Corona.

"Jadi fasilitas tersebut dikhususkan untuk pengunjung yang membeli makanan di gerai-gerai yang ada di kawasan District 1 Meikarta secara drive thru tanpa dipungut bayaran alias nonkomersial," ujarnya.


Penulis: Melisa Mailoa
Editor: Irwan Nugroho
Desainer: Luthfy Syahban

***Komentar***
[Widget:Baca Juga]
SHARE