#77PortraitAnakBangsa

Sepak Terjang Desi Anwar, Sang News Anchor Kawakan di Indonesia

Sukma Nur - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 13:50 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G
Foto: Dok. OPPO
Jakarta - Siapa yang tidak mengenal dengan sosok Desi Anwar? Perempuan kelahiran Bandung 60 tahun ini merupakan jurnalis senior yang tidak perlu diragukan lagi akan kemampuannya.

Ia dikenal akan pembawaannya yang dinilai kritis. Hal tersebut menjadikannya sebagai seorang news anchor terkemuka yang disenangi oleh masyarakat.

Desi Anwar mengawali kariernya pada tahun 1990. Saat itu, ia dipercaya untuk membawakan berita dalam berbagai program di stasiun tv RCTI. Kemampuannya yang menguasai bahasa inggris membawa dirinya untuk membawakan program Indonesia Today yang saat itu dibawakan dengan bahasa Inggris.

Karier Desi di RCTI berhenti di tahun kesembilan. Selama satu tahun setelahnya, ia memilih untuk menjajaki karier sebagai co-founder dan executive producer di astaga.com. Namun, hanya bertahan selama satu tahun karena pada tahun 2000, Desi memutuskan untuk kembali ke dunia televisi dan bergabung di Metro TV.

Bergabung di Metro TV, Desi dipercaya menjadi news anchor senior. Ia membawakan berbagai macam program di stasiun penyiar berita satu-satunya saat itu, dan kembali dipercaya membawakan sebuah program berbahasa inggris bertajuk 'face to face with Desi Anwar'. Dalam programnya tersebut, Desi berkesempatan untuk bertemu dan melakukan wawancara dengan banyak tokoh kenamaan di dunia, diantaranya pemuka agama di Tibet Dalai Lama, Richard Branson, Richard Gere, George Soros, dan masih banyak tokoh kenamaan lainnya.

Pada tahun 2015, Desi memutuskan untuk bergabung dengan CNN dan menjabat sebagai news anchor senior sekaligus direktur. Di CNN, ia memiliki program talkshow sendiri yaitu 'Insight with Desi Anwar' yang sampai saat ini masih mengudara.

Terlahir dari pasangan akademisi dan ilmuwan nampaknya membuat Desi Anwar memiliki banyak kemampuan. Diketahui, tidak hanya senang menunjukkan keahliannya dari layar kaca, Desi Anwar juga memiliki kemampuannya dalam menulis. Ia pernah tercatat menjadi kontributor majalah Tempo English dan The Jakarta Post. Desi juga pernah menjadi kolumnis regular The Jakarta Globe dan Mainichi Shimbun. Bahkan kegemarannya dalam menulis juga disalurkannya dengan menulis banyak buku.

Desi diketahui memiliki hobi fotografi dan jalan-jalan. Hobinya tersebut pernah dimuatnya menjadi sebuah buku yang berjudul Romantic Journey: Notebook of A Traveller. Dalam tulisan yang dibuatnya, Desi dinilai memiliki langgam bahasa yang tidak muluk-muluk dan mudah dipahami.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X, memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapa pun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini. (akn/ega)