#77PortraitAnakBangsa

Najelaa Shihab, Sosok Wanita di Balik Lahirnya Sekolah Cikal

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 21:59 WIB
Najeela Shihab
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. Foto: Dok OPPO
Jakarta - Nama Najelaa Shihab mungkin sudah tak asing lagi didengar. Mengingat telah banyak kiprah yang dilakukan putri Quraish Shihab ini bagi dunia pendidikan di Indonesia. Lewat Sekolah Cikal (Cinta Keluarga) yang ia dirikan pada 1999, Najeela terdorong untuk membuat perubahan terhadap dunia pendidikan

Di Sekolah Cikal, Najeela menitikberatkan pendidikan pada pengembangan kepribadian dan minat bakat anak melalui kurikulum 5 start competencies. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter anak baik mulai dari sisi kecerdasan, emosional, spiritual dan moral.

Kontribusi Najeela di dunia pendidikan tentunya tak hanya hadir lewat Sekolah Cikal. Dirinya juga mencoba memberikan solusi terhadap pendidikan agar semakin mudah dengan menghadirkan situs Inibudi.org pada 2012. Situs ini menyediakan beragam, video pendidikan yang dibuat oleh guru dan juga siswa.

Pada 2016, Najelaa juga menginisiasi jaringan 'Semua Murid Semua Guru' dan mengajak masyarakat untuk memajukan pendidikan di Indonesia, terutama daerah pelosok. Dan pada 2019, Najelaa menghadirkan inovasi lewat platform digital Sekolahmu. Aplikasi yang menghadirkan program-program untuk mendukung kompetensi para murid.

Kepedulian Najeela dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia ini tentu tak lepas dari cita-citanya. Sejak kelas 2 SD, kakak Najwa Shihab ini memang ingin menjadi guru dan tertarik dengan dunia pendidikan. Najelaa memulai kariernya sebagai guru dengan menjadi staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Wanita yang meraih gelar S1 dan S2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini kemudian menjadi anggota tim dosen pada mata kuliah Psikologi Perkembangan, Kognitif dan Belajar pada Anak, Perkembangan Keluarga, Metode Respons Skala Psikologi, dan seminar skripsi.

Usai lulus kuliah, Najelaa pun merasa tertantang untuk terjun langsung mengurusi pendidikan di Indonesia. Sebab, sedari kecil hingga dewasa, dirinya tak pernah sekolah di luar negeri. Semua sekolah mulai dari SD hingga kuliah ia selesaikan di Indonesia.

Tak hanya itu, rasa penasarannya pun semakin membuat wanita ini merasa ingin untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Alih-alih menunggu orang lain bergerak, ia akhirnya memutuskan untuk mengambil tanggung jawab dan mengambil peran dalam dunia pendidikan Indonesia hingga hari ini.

Sebagai informasi, foto 77 Potret Anak Bangsa di atas diabadikan oleh kamera OPPO Reno8 Pro 5G 'The Portrait Expert'. Ponsel ini dilengkapi chipset MariSilicon X yang memberikan performa AI terbaik dalam mengolah foto maupun video bahkan saat kondisi minim cahaya.

OPPO Reno8 Pro 5G mampu membuat siapapun dapat menghasilkan karya dan mengekspresikan diri tanpa batas melalui teknologi yang dimiliki, desain yang memukau, dan performa paling unggul. Kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye 77 Potret Anak Bangsa di Instagram OPPO Indonesia, kunjungi website resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut melalui tautan ini. (ads/ads)