Suara Pembaca

Refund Tak Sesuai, Traveloka dan JD.ID Saling Lempar Tanggung Jawab

Lucia - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 15:23 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada tanggal 29 Februari 2020, saya membeli tiket Sriwijaya dengan rute Jakarta-Pangkalpinang pulang pergi melalui JD.id untuk penerbangan tanggal 22-29 Maret 2020 seharga Rp 1.119.000. Karena adanya pandemi, saya batalkan penerbangan di aplikasi JD.id dan Traveloka.

Laporan diterima tanggal 18 Maret 2020 oleh Traveloka, tetapi setelah beberapa bulan berlalu proses refund masih dalam proses. Beberapa hari yang lalu diinformasikan bahwa refund sudah berhasil namun hanya sebesar Rp 100.499.

Oleh karena itu saya menghubungi JD.id dan Traveloka untuk meminta penjelasan. Namun saya tidak mendapatkan solusi dari kedua belah pihak. Saya sudah mengirimkan email ke JD.id dan Traveloka, JD.id menjawab bahwa refund sesuai dengan jumlah yang di terima dari Traveloka. Sedangkan Traveloka mengatakan masih dalam proses penyidikan. Mohon tanggapan secepatnya, terima kasih.


Lucia
Nomor pesanan JD.id: 1016813440
Nomor Pesanan Traveloka: 619372199

Jawaban

Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lucia

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang telah terbit di Suara Pembaca - Detik.com pada 20 Juli 2020, dapat kami sampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Ibu Lucia guna berkoordinasi lebih lanjut dan menjelaskan situasi yang terjadi.

Dapat kami sampaikan bahwa selisih pengembalian dana tiket pesawat yang Ibu Lucia ajukan, telah disetujui untuk dapat diproses sesuai dengan regulasi yang berlaku. Adapun pengembalian dana tersebut telah diterima oleh Ibu Lucia pada Selasa, 21 Juli 2020. Informasi ini juga telah kami sampaikan dan diterima dengan baik oleh Ibu Lucia.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya. Apabila ada informasi lain yang dibutuhkan, pengguna dapat mengakses Inbox lalu ke bagian Pesan dan memilih ikon 'bubble chat' yang terletak di kanan bawah layar.

Saat ini kami mendapatkan permintaan reschedule/refund 10x lipat lebih tinggi dari biasanya, dengan jumlah yang mencapai hingga ribuan setiap menitnya. Guna memastikan agar seluruh permintaan pengguna dapat ditangani, kami akan memprioritaskan permintaan pengguna dengan tanggal keberangkatan terdekat.

Pengguna dapat mengakses traveloka.com/en/coronavirus-information untuk mendapatkan informasi terkini terkait Syarat & Ketentuan yang diberlakukan oleh para mitra, yang relevan dengan pesanan pengguna. Kami juga telah menjawab beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh para pengguna melalui akun Instagram kami dengan harapan untuk memudahkan pengguna dalam mengecek pesanan mereka.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian, kesabaran dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Tim Customer Care Traveloka

(wwn/wwn)

Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.