detikNews
Senin 30 September 2019, 13:03 WIB

Sudah Sesuai Ketentuan, Barang Pesanan Tertahan di Bea Cukai Pasar Baru

Bima - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Tanggal 01, 06, dan 08 September 2019 saya melakukan pembelian korek api baru dan bekas di situs eBay dengan nilai yang masih di bawah ketentuan pajak pembelian oleh Pemerintah Indonesia dan dikirimkan dengan nomor resi RX039986085JP, LP103024879JP dan RX044895585JP.

Keterangan di website EMS Pos Indonesia menyatakan sejak tanggal 17 September 2019 statusnya "MPC Jakarta 10900 Departure from inward OE adpis". Lalu saya menghubungi Kantor Pos Tangerang dan dijawab jika status tersebut menyatakan barang tersebut masih berada di Kantor Bea Cukai Pasar Baru.

Kemudian saya menghubungi nomor telepon Kantor Bea Cukai Pasar Baru yang diberikan oleh pihak Kantor Pos, tapi tidak ada yang menjawab. Mengapa barang pembelian saya bisa tertahan di Kantor Bea Cukai Pasar Baru? Sedangkan nilainya dibawah batas ketentuan pajak pembelian.

Mohon tanggapan pihak Bea Cukai Indonesia. Terima kasih.


Bima
08128260****

(23/09/2019)
Jawaban


Tanggapan Bea Cukai Pasar Baru

Menanggapi keluhan Saudara Bima pada suara pembaca di Detik.com (23/09) perihal Sudah Sesuai Ketentuan, Barang Pesanan Tertahan di Bea Cukai Pasar Baru, dapat kami sampaikan informasi bahwa atas ketiga paket Saudara dengan nomor resi RX039986085JP, LP103024879JP dan RX044895585JP, telah kami lakukan pelacakan lebih lanjut pada tanggal 23 September 2019 di beacukai.go.id/barangkiriman dan ems.posindonesia.co.id.

Pelacakan pertama pada website www.beacukai.go.id/barangkiriman tidak ditemukan atas ketiga paket tersebut. Kemudian kami lanjutkan dengan pelacakan kedua, melalui www.ems.posindonesia.co.id dan status terakhir adalah adpis (Departure from inward OE Adpis : 000864) yang artinya paket tersebut langsung diteruskan ke kantor pos serah tujuan untuk didistribusikan ke penerima barang dan tidak melalui proses pemeriksaan fisik Bea dan Cukai.

Hal ini sesuai dengan manajemen resiko dan secara nilai tidak dikenakan bea masuk dan pajak berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.04/2018 Tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman. Dapat kami jelaskan pula, dalam hal paket Kiriman Pos Luar Negeri melalui proses pemeriksaan fisik dan dokumen di Bea Cukai, maka pada website www.ems.posindonesia.co.id akan tertera informasi Processing document by Customs/Konfirmasi /Confirmation by Customs dan dapat dilakukan pelacakan melalui beacukai.go.id/barangkiriman.

Berdasarkan konfirmasi kepada Saudara Bima, perihal nomor telepon yang diberikan oleh pihak Kantor Pos, adalah bukan nomor telepon terkait pelayanan barang kiriman, namun nomor faximile. Atas kejadian yang dialami Saudara Bima, telah kami sampaikan ke pihak PT Pos Indonesia (Pos Pasar Baru) untuk dilakukan pelayanan distribusi lebih lanjut dan follow up ke kantor Pos tujuan. Selanjutnya untuk informasi lebih lanjut terkait posisi dan distribusi barang kiriman, Saudara dapat menghubungi PT Pos Indonesia melalui Halo Pos 161.

Selanjutnya apabila terdapat keluhan atau membutuhkan informasi terkait proses kepabeanan dan cukai khusunya impor barang kiriman dari luar negeri, Saudara dapat menghubungi Contact Center Bravo Bea Cukai di 1500 225 ext. 4 (Bea Cukai Pasar Baru), dengan senang hati kami akan membantu.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Pasar Baru

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com