DetikNews
Selasa 07 Agustus 2018, 14:32 WIB

Bukadompet Dibekukan, Saldo Tersisa tidak Bisa Dicairkan

Rachmat - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 5 Juni 2018, akun Bukalapak saya dibajak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Saldo di Bukadompet terpakai untuk pembelian voucher game dengan nominal yang beragam dengan total sekitar Rp 4,6 juta.

Sesaat setelah saya mengetahui masalah tersebut, saya kordinasi ke Bukalapak dan disarankan membekukan akun serta mengganti password untuk alasan keamanan.

Saat ini saldo di Bukadompet saya masih tersedia dana tetapi tidak bisa dicairkan karena status yang masih dibekukan. Saya sudah menghubungi Bukalapak untuk konfirmasi pembukaan kembali, tetapi sampai sekarang tidak ada jawaban yang memuaskan, padahal saya sudah melakukan penggantian password.

Customer service beralasan bahwa saya tidak mengaktifkan TFA, sebagai orang awam, saya tidak mengetahui soal itu. Sampai saya menulis artikel ini, belum ada tanggapan mengenai pembukaan akun Bukadompet saya.


Rachmat
085697489***

(12/06/2018)
Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Detik.com tertanggal 12 Juni 2018 yang ditulis oleh Bapak Rachmat perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Bukadompet Dibekukan, Saldo Tersisa tidak Bisa Dicairkan" izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Rachmat, kami sudah mencoba menghubungi Bapak Rachmat namun belum mendapatkan jawaban, setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut terkait Pembajakan yang terjadi pada akun Bapak Rachmat.

Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan yang terjadi, namun kami sampaikan bahwa keamanan password dan akun merupakan sepenuhnya tanggung jawab bagi pengguna untuk menjaganya, kami tidak bertanggungjawab apabila ada pihak lain yang mengetahui password anda dengan sengaja atau tidak sengaja, sehingga terjadi penyalahgunaan akun.

Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut Bapak Rachmat tidak mengaktifkan fitur TFA (Two Factor Authentication) yang sudah kami sediakan, sehingga menyebabkan siapapun yang berhasil mengakses akun Bapak Rachmat dapat mempergunakan dana yang ada pada saldo Bukadompet.

Karena dengan adanya fitur tersebut segala bentuk penggunaan saldo Bukadompet dan proses pencairan dana, harus melewati tahap verifikasi, yaitu dengan memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar pada akun tersebut untuk verifikasi bahwa pemilik akun tersebut yang melakukan transaksi dengan menggunakan saldo Bukadompet.

Hal yang sama juga berlaku terhadap perubahan di akun Bukalapak seperti password, alamat e-mail dan nomor telepon, terkait dengan adanya kelalaian pengguna kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian yang ditimbulkan.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.


Evi Andarini
Public Relations Manager Bukalapak

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed