Suara Pembaca

Bagaimana Gaikindo New Proton Exora Tahun 2009 di IIMS 2010

- detikNews
Selasa, 10 Agu 2010 12:37 WIB
Keluhan
Hati-hati yang sudah membeli Proton Exora di IIMS 2010. Harga mobil 2010 dikasih mobil 2009. Tadinya kami pikir IIMS bukan bursa penjualan mobil bekas atau lama. Dan, kami kira yang ditawarkan dan ditampilkan pun mobil-mobil baru tahun 2010 (karena IIMS ini diadakan 23 Juli - 1 Agustus 2010).

Di stand Proton kami melihat mobil Exora dan diberi brosur bertuliskan "New Exora". Dengan pelayanan Marketing yang baik kami pun tertarik untuk membelinya. Lalu kami deal membeli New Exora type Executive M-Line. Tentu saja dengan berbagai penawaran bonus yang diberikan dan membayar uang booking.

Sebelum IIMS 2010 selesai kami pun heran pihak Proton beberapa kali menelepon kami untuk transfer uang down payment (DP)-nya. Tentu saja kami tidak mau karena belum test drive. Terlebih lagi perjanjian pembelian pun belum ada walaupun kemudian ada. Tidak disertai dengan detail hitungannya. Sampai akhirnya kami mengetahui ternyata unit mobil yang akan kami beli adalah Exora 2009.

Tentu saja kami 'KAGET'. Ketika kami komplain mereka memberikan argumentasi:
1. Pihak Marketing mengatakan bahwa sudah memberi tahu kami. Kami tidak habis pikir. Kami yakin Marketing tersebut tidak memberikan keterangan tahun mobil tersebut karena:

- Beberapa waktu yang lalu kami dapati harga Exora 165 juta. Marketing mengatakan itukan harga produk tahun lalu sekarang kan produk baru dan sudah mengalami kenaikan 3 (tiga) kali selama setahun ini.

- Marketing sempat berkata dengan bangganya bahwa harga Proton Exora baru di Indonesia lebih murah daripada di Malaysia (memang harga di Malaysia yang termurah Rp 186 jutaan. Sedangkan kami beli Rp 184 juta). Tentu saja kami senang karena di website Proton Malaysia itu adalah harga Proton New Exora 2010 (dalam pikiran kami itu perbandingan apple to apple toh).

- Kami ingat sekali bahwa marketingnya mengatakan Proton Exora 2009 habis terjual karena kalau tidak perlu biaya tambahan untuk penyimpanan dan perawatan. Itu sebabnya beberapa mobil (merk disebutkan) di discount besar. Eh kemudian marketing itu berdalih lagi.

2. Dia sudah memberikan berbagai bonus dan discount untuk mobil 2009 dengan harga segitu. Lho kami tidak habis pikir lagi. Untuk diketahui pada type yang sama IIMS 2009 harga Exora Rp  175,000,000 (belum discount) pada IIMS 2010 harga New Exora (yang kami beli sesuai brosur) Rp 184,000,000 (tentu saja diberi discount dan bonus).

Kok ada yah mobil semakin tua malah semakin naik harganya. Atau kami diberi harga tahun 2009 dan kami harus menambah Rp 9 juta untuk membeli asesoris tambahan tersebut. Yah itu sih BUKAN DISCOUNT atau BONUS!

Kesalahan kami adalah pada lembaran booking kami tidak melihat jeli tulisan tahun keluaran mobilnya (tapi kami merasa kami tidak melihatnya pada saat tanda tangan). Tetapi, tetap saja kami berharap pihak GAIKINDO sebagai penanggung jawab IIMS 2010 memberikan penegasan kalau ada barang Lama yang dijual.

Atau dapat menindak tegas PROTON karena memberikan brosur seakan-akan mobil baru yang dipasarkan ehhh ternyata BARANG LAMA dan awasi pihak PROTON untuk bisa mengembalikan uang booking kami yang sampai saat ini masih tertahan dan prosesnya berbelit-belit.

Ira
KODAM Kebon Jeruk Jakarta Barat
r.iraw@yahoo.com
0817626210





Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(msh/msh)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.