detikNews
Selasa 09 Februari 2010, 15:55 WIB

Gagal Aktivasi IM2 Broom

- detikNews
Gagal Aktivasi IM2 Broom
Jakarta -
Keluhan
Minggu, 07 Februari 2010 saya mencoba membantu mengaktifkan layanan IM2 Broom milik adik saya. Pada kemasan paket perdana tercetak Customer ID 081410902287. Aktivasi paket IM2 Broom saya lakukan melalui situs IM2 (www.indosatm2.com). Pada situs tersebut terdapat menu \\\"Activate Your Broom Here\\\".

Saya coba pilih menu tersebut dan setelah saya memilihnya saya diarahkan ke alamat https:\/\/www.indosatm2.com\/aktivasi3G\/. Pada pojok kiri bawah terdapat kotak teks yang berisi informasi \\\"BROOM atau Truff. Gunakan voucher perdana BROOM atau Truff Anda untuk mengaktifkan account prepaid dan mulai menikmati layanan kami. Aktivasi Sekarang\\\". Saya pilih ke menu \\\"Aktivasi Sekarang\\\".

Ketika saya memilih menu tersebut saya diarahkan ke alamat \\\"https:\/\/www.indosatm2.com\/aktivasi3G\/activation.php\\\". Pada alamat tersebut terdapat langkah-langkah yang harus diikuti guna mengaktifkan layanan IM2 Broom.

Langkah pertama adalah melengkapi \\\"Data Pribadi\\\" dan sebagai langkah back up saya memasukkan alamat email saya dalam data tersebut. Setelah \\\"Data Pribadi\\\" saya lengkapi maka saya masuk pada tahap 2 yakni \\\"Jenis Layanan\\\".

Informasi yang perlu diisi antara lain \\\"Customer ID\\\", \\\"Activation Code\\\", \\\"Username\\\",
\\\"Password\\\", \\\"Konfirmasi Password\\\", dan \\\"Kode Verifikasi\\\". Data \\\"Customer ID\\\" dan
\\\"Activation Code\\\" tertera pada paket IM2 Broom. Setelah itu saya buat username dan password sesuai dengan keinginan saya.

Dalam paket perdana IM2 Broom mengenai petunjuk \\\"Cara Setting Koneksi\\\" butir nomor 7, juga tercetak \\\"Masukkan Username Login dan Password yang baru\\\". Username yang saya masukkan adalah H0**im, dengan huruf H besar. Setelah semua Username dan Password baru selesai saya buat maka saya coba memasukkan username dan password tersebut di setting modem (modem yang digunakan adalah Huawei E156G).

Proses authentikasi berhasil ke jaringan dan saya bisa membuka alamat web IM2
(www.indosatm2.com). Saya coba buka alamat www.google.com dan karena tidak memiliki pulsa yang cukup saya diarahkan ke situs untuk melakukan proses reload \/ top-up di alamat \\\"https:\/\/www.indosatm2.com\/topup\/\\\".

Saya sudah menyiapkan voucher Indosat senilai 25 ribu. Sebelum melakukan proses top-up oleh sistem IM2 saya diminta untuk melakukan login dengan memasukkan username dan password yang sudah saya buat sebelumnya. Proses login berhasil (password H0**im). Kemudian saya masukkan kode voucher dan kode verifikasi.

Semua proses top-up berhasil. Anehnya, informasi saldo tetap Rp 0. Untuk informasi lebih lanjut akhirnya saya kontak IM2 dengan nomor 02178546900 sekitar pukul 13.40 WIB. Telepon saya diterima oleh Sdr.Ade. Saya ceritakan kronologis di atas dan saya diminta untuk menunggu agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Inti dari hasil komunikasi dengan Sdr Ade sebagai berikut:
1. Sdr Ade menyatakan Customer ID 081410902287 belum melakukan aktivasi. Saya coba meyakinkan Sdr Ade bahwa proses registrasi sudah berhasil. Saya berikan contoh bahwa jika Customer ID saya belum diaktivasi. Maka saya tidak mungkin bisa login ke situs untuk top-up IM2.

2. Kemudian Sdr Ade menanyakan username yang saya gunakan. Saya informasikan bahwa username saya adalah H0**im. Menurut Sdr Ade seharusnya username untuk IM2 Broom adalah Customer ID itu sendiri dan tidak bisa diubah oleh pelanggan. Saya coba  ikuti petunjuk Sdr Ade agar mengubah setting username dan password di modem. Yakni username diisi dengan Customer ID dan password diisi dengan Activation Code.

Langkah tersebut mengakibatkan proses authentikasi gagal. Karena kenyataannya sistem pendaftaran IM2 Broom meminta pelanggan memasukkan username dan password. Maka saya bertahan bahwa langkah yang saya lakukan sudah benar karena sesuai petunjukan dari IM2.

3. Kemudian Sdr Ade melakukan pengecekan atas username yang saya buat. Hasilnya menurut Sdr Ade username yang saya gunakan adalah h0**im (sebelumnya yang bersangkutan menyatakan Customer ID saya belum dilakukan aktivasi). Menggunakan huruf H kecil, bukan H besar. Agar informasi saldo ter-update maka Sdr Ade meminta saya untuk melakukan putus koneksi dan diberi jeda waktu 5 menit  untuk login kembali.

Saya menerima solusi yang ditawarkan oleh Sdr Ade. Namun, hasilnya sebagai berikut:
1. Username yang diinformasikan (h0**im) tidak bisa digunakan untuk login. Ketika username saya ubah menjadi H0**im, saya berhasil login kembali.
2. Informasi saldo yang tertampil untuk Nomor Pelanggan 081410902287, tetap Rp 0. Artinya proses top up yang saya lakukan masih gagal.

Saat saya lakukan pengecekan email saya (ilha***@indosat.net.id), saya menerima email dari e-billing-no-reply@indosatm2.com dengan subject: \\\"Your Account Details\\\", dengan isi sebagai berikut:

Ini adalah sistem email otomatis, jangan balas email ini.

Selamat Deni Andhika
 
Account Broom PAS Anda sudah aktif.
Customer ID : 081410902287
User ID : h0***m
Tanggal aktifasi : 07\/Feb\/2010
Masa aktif sampai dengan : 07-Feb-2010
 
Untuk mengetahui sisa kuota, Anda bisa login ke Member Zone di website IndosatM2.
 
Informasi lebih lengkapnya mengenai keanggotaan Anda bisa didapatkan di website IndosatM2, http:\/\/www.indosatm2.com. Silakan bookmark website kami untuk kenyamanan Anda.
 
Happy Surfing!
<\/em>
Sekitar pukul 20:00 WIB saya coba login ke Member Zone IM2 dengan username H0***m dan berhasil masuk. Kemudian saya pilih menu chat dengan Customer Service IM2. Sebelum bisa kontak dengan Customer Service IM2 sistem memunculkan pilihan, apakah saya pelanggan atau non-pelanggan.

Saya coba masukkan Customer ID pada pilihan pelanggan namun sistem menolak. Saya sudah mencoba memasukkan pilihan 081410902287 dan dengan username H0***m. Hasilnya gagal. Akhirnya saya masuk ke pilihan non-pelanggan.

Setelah beberapa saat, Customer Service IM2 dengan user Saputra merespon. Ketika saya sampaikan informasi username yang ditanyakan Saputra telah saya disampaikan, yang bersangkutan akan melakukan pengecekan data. Namun, lewat dari 10 menit yang bersangkutan tidak lagi memberikan respons.

Pada pukul 20.34 WIB saya coba telepon ke nomor 02178546900 dan masuk menu IVR untuk pengecekan IM2 Broom. Setelah saya masukkan nomor 081410902287, sistem menyatakan jumlah saldo Rp 0  masa aktif sampai dengan 16 September 2011, masa tenggang 12 Mei 2009.

Yang saya ketahui sistem IM2 memang sempat mengalami masalah dan berdasarkan informasi gangguan yang terpasang di situs IM2  sebagai berikut:

05-02-2010 09:18
Informasi Gangguan Beberapa Fitur Layanan Broadband Internet Bapak\/Ibu pelanggan IM2 Broadband Internet yang terhormat,

Sesuai dengan informasi kami sebelumnya, bahwa IM2 sedang melakukan pemeliharaan sistem, dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa terdapat beberapa dampak atas layanan yang Bapak\/Ibu gunakan antara lain:

- Tidak dapat melakukan perubahan fitur layanan dan perubahan data kepelangganan melalui website (estimasi bahwa layanan akan kembali normal pada hari Jumat, 12 Pebruari 2010).
- Perubahan sementara halaman layanan top up menjadi www.indosatm2.com\/topup\/

Untuk kemudahan serta kenyamanan proses top up 3G melalui website IM2, silahkan
menggunakan username: indosatm2, password: prabayar pada setingan modem 3G Bapak\/Ibu. Sebagai informasi bahwa login dengan menggunakan username dan password tersebut tidak akan mengurangi kuota layanan (free of charge).

Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami terus berupaya agar layanan dapat segera digunakan kembali dengan nyaman.

Atas perhatian serta dukungan yang diberikan kepada Indosatm2, kami ucapkan terima
kasih.

Salam hormat,
Manager Customer Service
Indy Retnani
<\/em>
Ekspresi saya atas interaksi dengan Customer Service IM2 maupun sistem IM2 pada hari Minggu tanggal 07 Februari 2010 guna mengaktifkan IM2 BROOM, adalah \\\'kacau balau\\\'. Customer Service IM2 yang menurut saya perlu banyak di-update mengenai prosedur IM2 Broom di website IM2.

Atau mungkin sebaiknya IM2 menyesuaikan isi\/ petunjuk aktivasi IM2 BROOM sesuai dengan \\\"pengetahuan Customer Service:. Selama 24 menit berbicara dengan Customer Service IM2 dan tanpa solusi IM2 BROOM saya aktif. Saya sudah membuang uang percuma. Via fitur chatting pun hasilnya sama.

Yang lebih parah lagi adalah perbedaan data antara sistem IVR dengan yang tertampil di Member Zone. Akan lebih baik bagi IM2 jika masalah migrasi sistem memang masih belum rampung sebaiknya diinformasikan di website resminya dan informasi tersebut dikoordinasikan lagi dengan Customer Service-nya.

Harapan saya, semoga Customer Service IM2 punya waktu untuk membaca surat pembaca ini dan memberikan konfirmasi lebih lanjut, sebelum akhirnya saya memutuskan untuk menghilangkan IM2 dari daftar provider internet terkemuka di  Indonesia. Terima kasih.

Ilham Dwiputranto Rachman
ilhamdr@indosat.net.id

<\/strong>



Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(msh/msh)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com