ADVERTISEMENT

Pro-kontra

Hasto Ingin Pemilu 2 Capres dalam 1 Putaran, Anda Setuju?

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 25 Agu 2022 18:09 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mempunyai ide agar Pilpres 2024 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden saja. Pilpres juga akan lebih baik digelar satu putaran saja. Anda setuju dengan ide Hasto?

"Ada yang berpendapat bahwa dua pasangan akan menghindarkan diri dari politik identitas," kata Hasto dalam keterangan persnya, Kamis (25/8/2022).

Meski dia ingin Pilpres 2024 diikuti dua pasang capres-cawapres dan digelar satu putaran saja, namun PDIP siap bertarung dalam Pilpres dengan tiga pasang calon. Soal banyaknya putaran dalam pilpres, kata dia, tak terlalu ada gunanya digelar sampai dua kali.

"Sekiranya tiga paslon, pada putaran kedua pasti akan terjadi deal-deal politik baru. Jadi kenapa tidak membangun kesepahaman di depan saja," kata Hasto.

Jadi pertimbangan ide pemilu dua capres satu putaran adalah mengindari politik identitas dan menghindari kesepakatan-kesepakatan politik yang sebenarnya bisa disepakati di awal kontestasi. Selain itu, dia juga menyinggung soal kondisi pemulihan ekonomi yang belum begitu bagus, termasuk kondisi perang Rusia-Ukraina, situasi Laut China Selatan, dan perkembangan ketegangan di Taiwan.

Apa Anda setuju ide Hasto?

(dnu/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT