Pro-Kontra

Trump vs WHO soal Penanganan Corona, Kamu Dukung Siapa?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 12:02 WIB
Dirjen WHO Tedros Adhanom dan Presiden AS Donald Trump (sumber: kolase foto dari AP dan AFP)
Foto: Dirjen WHO Tedros Adhanom dan Presiden AS Donald Trump (sumber: kolase foto dari AP dan AFP)
Jakarta -

Perseteruan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyita perhatian dunia di tengah pandemi Corona. Perseteruan itu berujung pada pemangkasan dana untuk WHO oleh AS.

Trump mulanya menuding WHO gagal soal penanganan Corona dan bias kepada China pada 8 April 2020 lalu lewat akun Twitternya. Trump pun mengatakan bahwa dirinya akan menahan pendanaan untuk WHO. Sumber pendanaan terbesar WHO adalah AS.

Kemarahan Trump cukup beralasan. Pada 31 Januari lalu, memang WHO menyarankan agar negara-negara tetap membiarkan perbatasan masing-masing terbuka meski ada wabah Corona. Namun, Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus membela diri. Dia menyindir AS dengan pernyataan 'yang terkuatlah yang harusnya memimpin'.

Beberapa hari berselang, seperti dilansir AFP, Trump benar-benar merealisasikan ancamannya itu. Ancaman Trump untuk menahan dana untuk WHO ternyata bukan sekadar gertak sambal. Pada Selasa (14/4) Trump menyetop dana AS untuk WHO. AS menyediakan US$ 400 juta tahun lalu.

Sementara itu, sejumlah dukungan untuk WHO berdatangan. Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa WHO tetap harus didukung. Pasalnya, peran WHO begitu penting dalam perang melawan pandemi Corona.

Keputusan AS juga memicu kecaman dari Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas. Dia mengingatkan untuk tidak menyalahkan pihak lain atas krisis pandemi virus Corona.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengaku prihatin dengan keputusan AS. Padahal, China menilai di situasi seperti ini AS mestinya justru menguatkan WHO.

Namun, seperti yang dilansir Reuters, Jumat (17/4) keputusan Trump juga mendapatkan dukungan. Bahkan, belasan anggota parlemen Republikan bahkan menyarankan agar Trump menahan bantuan hingga Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengundurkan diri.

Jadi, apakah kamu setuju AS memangkas dana untuk WHO yang sedang berperang melawan Corona? Kamu tim Trump atau tim WHO? Beri tanggapanmu di kolom komentar ya!

AS Hentikan Bantuan Dana, WHO Sesalkan Keputusan Trump:

(dnu/tor)