ADVERTISEMENT

Cak Imin-Puan 'Mesra', PKB Masih Berkomitmen dengan Gerindra

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 05:16 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid (Foto: Dok. MPR RI)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tampak akrab dengan Ketua DPP PIDP Puan Maharani saat mengikuti acara bersama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Waketum PKB Jazilul Fawaid menilai pertemuan itu bernuansa silaturahmi.

"Pertemuannya lebih bernuansa kekeluargaan, nyekar atau ziarah dan tahlil bersama, makan pecel bareng dan potong kue ulang tahun. Masih sebatas silaturrahim saja, belum ada point resmi terkait keputusan berkoalisi," kata Jazilul kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

Jazilul menyebut pertemuan itu belum ke arah pembentukan koalisi PKB dengan PDIP. Dia menilai keputusan koalisi PDIP ada di tangan Ketum Megawati Soekarnoputri.

"Saya pun belum mampu membaca arah koalisi PDIP 2024, sebab keputusan akhir ada di tangan Ibu Megawati. Jadi, keputusan internal PDIP, penentuan capres cawapres dan koalisi partai itu hak mutlak Ibu Megawati," jelasnya.

PKB Komitmen dengan Gerindra

Saat ini, Jazilul menyebut PKB masih berkomitmen kerja sama dengan Gerindra. Namun demikian, dia menekankan semuanya masih dinamis.

"Sementara itu PKB sudah berkomitmen dengan Gerindra bahwa urusan capres cawapres mandatnya ada di tangan Gus Muhaimin dan Pak Prabowo. Walhasil, semuanya masih dinamis dan perlu waktu," tutur dia.

Pertemuan Cak Imin-Puan

Puan Maharani dan Cak Imin melakukan pertemuan dan menyekar ke makan Taufik Kiemas di TMP Kalibata pada Minggu (25/9) kemarin. Pada momen itu, Puan Maharani berbicara soal kemungkinan menjalin kerja sama di Pemilu 2024 setelah bertemu dengan Cak Imin. Puan mengatakan pertemuannya itu merupakan satu sinyal.

"Ya mungkin saja (koalisi), tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Jadi bisa ketemu begini saja sudah satu sinyal bahwa kemungkinan ke depannya mungkin saja dinamika-dinamika lain, ya kan gitu Cak Imin?" kata Puan di sekitar TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).

"Iya," sahut Cak Imin, yang berada di samping Puan.

Puan menyebutkan, setiap pertemuan membuka ruang komunikasi terkait kerja sama sekaligus menyatukan pandangan visi misi ke depan. Tergantung, menurutnya, bagaimana dinamika-dinamika politik ke depan.

"Jadi dinamika yang ada ke depan ini masih ada 1 tahun, saya rasa masih bisa terus terbangun terbuka bagaimana menyamakan visi misi dan cita-cita yang sama sehingga nantinya, ya namanya dinamika politik itu tidak ada yang mungkin tidak terbuka, yang pasti terbuka, pertemuan ini membuka ruang bagi kita berdua untuk bisa selalu berkomunikasi," kata Puan.

Lihat video 'Momen Puan-Cak Imin Ziarah Makam Taufiq Kiemas':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT