Jhoni Allen Marbun Diberhentikan dari DPR, Ini Politikus PD Penggantinya

ADVERTISEMENT

Jhoni Allen Marbun Diberhentikan dari DPR, Ini Politikus PD Penggantinya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 11:03 WIB
HERMAN KHAERON
Kepala BPOKK Herman Khaeron. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Jhoni Allen Marbun dari jabatan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat. Partai Demokrat menyebut pengganti antarwaktu (PAW) Jhoni Allen ialah Ongku Hasibuan.

"Pengganti antarwaktunya adalah Ongku Hasibuan," kata Kepala BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Herman menjelaskan surat keputusan (SK) pemberhentian Jhoni Allen dari anggota DPR sedang menunggu tanda tangan Ketua DPR RI Puan Maharani. Surat tersebut, jika sudah rampung, akan dikirim ke KPU.

"SK pemberhentian antarwaktu JAM (Jhoni Allen Marbun) sudah. Sekarang surat pimpinan DPR ke KPU sudah naik dari Sekjen DPR ke pimpinan, menunggu tanda tangan Ibu Ketua," ujarnya.

Proses pergantian antarwaktu Jhoni Allen terbilang masih cukup panjang. Sebab surat menyurat akan berjalan hingga surat Ongku Hasibuan sebagai anggota DPR diterbitkan Presiden Jokowi.

"Untuk proses PAW masih berproses melalui tahapan surat Ketua DPR ke KPU, balasan KPU ke Ketua DPR, surat Ketua DPR ke Presiden tentang pengganti, SK Presiden tentang pengesahan pengganti, dan pelantikan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres resmi memberhentikan Jhoni Allen Marbun dari anggota DPR Fraksi Demokrat. Partai Demokrat sudah menerima surat Keppres pemberhentian Jhoni Allen dari anggota DPR Fraksi Demokrat.

"Sudah (menerima surat Keppres)," kata Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief saat dikonfirmasi, Rabu (12/9).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Jokowi Teken Keppres Pemberhentian Jhoni Allen Marbun dari DPR':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT