ADVERTISEMENT

PKS Bantah Tinggalkan NasDem: Kami Terus Komunikasi 3 Pihak

Matius Alfons - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 16:34 WIB
Jubir PKS Muhammad Kholid
Foto: Jubir PKS Muhammad Kholid (Dok. Pribadi)
Jakarta -

PKS mengaku tidak meninggalkan NasDem terkait koalisi menuju Pemilu 2024. PKS memastikan komunikasi dengan Demokrat dan NasDem kini justru semakin intens.

"Iya (nggak meninggalkan NasDem), kami terus berkomunikasi 3 pihak, PKS, NasDem, Demokrat," kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

Kholid menyebut pihaknya tidak mempersoalkan ketika adanya hubungan antaran Demokrat dan KIB. Dia menyebut komunikasi PKS, Demokrat, NasDem tetap berjalan.

"Biasa aja (Ketum Demokrat AHY diundang ke KIB), so far (komunikasi 3 pihak) bagus progressnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Kholid menyebut sampai saat ini pihaknya beserta Demokrat dan NasDem masih pada tahap penjajakan. PKS akan mengumumkan hasilnya jika sudah selesai.

"Nanti kalau sudah selesai penjajakannya, kami umumkan hasilnya," ujar dia.

NasDem Akui Belum Berkoalisi

Untuk diketahui, Koalisi Gerindra dan PKB baru saja dideklarasikan menyusul Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, PPP. NasDem menjadi salah satu partai yang belum menentukan sikap. NasDem mau ke mana?

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan jalinan kerja sama dengan parpol mana pun masih terbuka. Willy menyebut parpol yang akan berkoalisi harus memiliki kesamaan dengan figur capres hasil rakernas yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

"Masih terbuka untuk semuanya asal basisnya capres keputusan rakernas," kata Willy kepada wartawan, Senin (15/8).

Willy menyebut sampai saat ini NasDem masih fokus pada urusan internal. Dia mengatakan akan kembali meningkatkan intensitas komunikasi dengan partai lain setelah 17 Agustus.

"Kita masih beresin beberapa hal. Habis tanggal 17 baru kita lanjut untuk berkomunikasi satu sama lain," ujar Willy.

Saat ditanya apakah sudah ada yang mengajak NasDem berkoalisi, Willy menyebut belum ada. Lagi-lagi, kata Willy, kerja sama politik yang terjalin antara NasDem dan parpol lain masih cukup cair.

"Belum. Masih cukup cair," katanya.

Simak juga 'Resmi Daftar di KPU, PKS Targetkan 15 Persen Suara di Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT