ADVERTISEMENT

KPU Yakin Tim Verifikator Parpol Bekerja Profesional: Insyaallah Jujur Semua

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 17:34 WIB
Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) tengah melakukan proses verifikasi administrasi terhadap partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta pemilu 2024. Tim verifikasi tersebut seluruhnya berasal dari anggota KPU.

Perlu diketahui, tim verifikasi administrasi ini terbagi menjadi enam tim yang dipimpin oleh Sekjen KPU Bernard Dermawan Sutrisno di bawah kepengawasan Bawaslu. Mereka mulai bekerja sejak Selasa (2/8) lalu.

"Kemudian yang 6 tim itu adalah 6 tim verifikasi administrasi. Ini yang kita bentuk dan tertutup sesuai mulai bekerja sejak tanggal 2 Agustus, pada hari ini KPU, Bawaslu, DKPP berkesempatan meninjau lokasi dan juga kegiatan verifikasi administrasi," kata Ketua KPU Hasyim Asyari di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2022).

Seluruh tim verifikator bekerja di sebuah ruangan Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Selain itu, dia mengatakan seluruh tim verifikator diberi fasilitas menginap di hotel tersebut selama proses verifikasi berlangsung.

"Tim verif ini manusia biasa jadi perlu makan minum istirahat sholat tidur untuk mengefektifkan itu kita stand by-kan di tempat ini, diinapkan di tempat ini dan kemudian itu pun setelah bekerja satu hari dikembalikan. Semua nomor hp termonitor oleh ketua tim verifikasi pak sekjen. Semua termonitor terkontrol," kata Hasyim saat melakukan peninjauan.

Hasyim meyakini seluruh tim verifikator akan bekerja secara profesional yang sudah melalui proses Bimtek terkait. Dia optimis tidak ada tindakan curang selama proses verifikasi.

"Kami meyakini teman teman kami ini orang baik semua, insyaallah jujur semua. Dan harus kita mulai dari situ dulu. Kalau cara pandang sudah mulai dengan cara pandang yang katakan tidak percaya, negatif, suudzon, nggak pas lah. Cara pandang kami mulai dengan prinsip khusnudzon tapi kita siapkan terkontrol," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memastikan pihaknya akan mengawasi jalannya proses administrasi verifikasi parpol. Dia mengatakan sempat ada kendala dalam proses verifikasi, namun sudah bisa teratasi.

"Akhirnya sekarang kita sudah berjalan kan, tanggal 2 sudah mulai verifikasi administrasi kemudian mengawasi ada problem di hari ketiga-keempat, hari kelima ini sudah berjalan lagi dengan dengan baik," jelas Bagja

"Sehingga nanti teman-teman Bawaslu pun akan stay di Hotel Borobudur ini, dengan tim yang terpisah dengan KPU dan semangatnya sama, semangat untuk mempermudah, memperlancar proses-proses verifikasi administrasi yang ada," sambungnya.

Rahmat berharap proses verifikasi administrasi ini dapat selesai dan berkas yang diperiksa seluruhnya dapat memenuhi syarat.

"Proses inilah untuk melihat sebuah proses verifikasi yang ada dalam penyelenggaraan verifikasi administrasi di Hotel Borobudur ini," ucapnya.

(ain/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT