ADVERTISEMENT

Ini Dia Moderator Debat Capres dan Debat Cawapres

- detikNews
Kamis, 28 Mei 2009 17:15 WIB
Jakarta - KPU dan tim kampanye pasangan capres- cawapres telah menyepakati topik dan moderator serta jadwal debat capres-cawapres. Debat akan dilangsungkan sebanyak 5 kali. 3 untuk capres dan 2 untuk cawapres.

"Debat pasangan calon dilaksanakan 5 kali dengan ketentuan 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres," kata anggota KPU I Gusti Putu Artha dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis(28/5/2009).

Alokasi waktu untuk tiap debat adalah 2x60 menit dengan konten debat 90 menit. Rinciannya, pemaparan visi, misi, dan program kandidat selama 7-10 menit, pertanyaan pendalaman oleh moderator dan jawaban kandidat selama 30 menit, dan pertanyaan dan jawaban antarkandidat 30 menit.

Debat ini akan disiarkan oleh seluruh stasiun televisini nasional. Lima stasiun televisi akan menjadi tuan rumah debat ini, yakni TransCorp, SCTV, Metro TV, TVOne, dan RCTI.

Berikut jadwal, materi, dan moderator debat capres-cawapres:

1. Kamis 18 Juni, debat capres dengan tema "Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih serta Menegakkan Supremasi Hukum." Moderator: Rektor Universitas Paramadina Prof Dr Anies Baswedan. Tuan Rumah: TransCorp.

2. Selasa 23 Juni, debat cawapres dengan tema "Pembangunan Jati Diri Bangsa." Moderator: Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof Dr Komarudin Hidayat. Tuan rumah: SCTV.

3. Kamis 25 Juni, debat capres dengan tema "Mengentaskan Kemiskinan danĀ  Pengangguran." Moderator: Ekonom INDEF Aviliani, M. Sc. Tuan rumah: Metro TV.

4. Selasa 30 Juni, debat cawapres dengan tema "Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia." Moderator: Ketua IDI Dr dr Fachmi Idris. Tuan rumah: TV One.

5. Kamis 2 Juli, debat capres dengan tema "NKRI, Demokrasi, dan Otonomi Daerah." Moderator: Dekan Fisipol UGM Dr Pratikno.
(sho/Rez)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT