Kolom

Pengentasan Kemiskinan Merupakan Cita-cita Perjuangan Seluruh Manusia

Ben Yuemei - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 14:50 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping Inspeksi Kondisi Kemiskinan
Presiden Tiongkok Xi Jinping Inspeksi Kondisi Kemiskinan di Provinsi Shaanxi 21 April 2020 (Foto: Dok. Sino Fintech)
Jakarta -

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Senin (14/12) mengirim surat ucapan selamat kepada Forum Internasional Pengalaman Pengentasan Kemiskinan Manusia yang dibuka di Beijing.

Dalam suratnya Presiden Xi menunjukkan, pengentasan kemiskinan merupakan cita-cita perjuangan seluruh manusia. Partai Komunis Tiongkok (PKT) beserta pemerintah Tiongkok selalu menjadikan kehidupan sejahtera rakyat sebagai misi perjuangan dan selalu berupaya seolah tak mengenal lelah.

Mulai dari 2012 di atas dasar penanggulangan kemiskinan, Tiongkok melancarkan pertempuran menanggulangi kemiskinan. Melalui upaya tak kendur-kendurnya selama 8 tahun ini, semua penduduk miskin pedesaan Tiongkok menurut standar kini telah melepaskan diri dari kemiskinan, semua kabupaten telah dihapus dari daftar kemiskinan, kurang lebih 100 juta penduduk miskin desa Tiongkok melepaskan diri dari kemiskinan, dengan demikian Tiongkok telah memberikan kontribusi besar kepada usaha pengentasan kemiskinan dunia.

Presiden Tiongkok Xi Jinping Inspeksi Kondisi KemiskinanPanen Buah-buahan di Daerah Miskin Provinsi Hubei Foto: Dok. Sino Fintech

Ke depan, Tiongkok akan terus memperkukuh dan memperbesar hasil pengentasan kemiskinan, dengan sungguh-sungguh mewujudkan kemakmuran bersama, dan terus meningkatkan level kesejahteraan rakyat Tiongkok.

Presiden Xi menekankan, sekarang ini wabah COVID-19 masih merajalela dunia, usaha pengentasan kemiskinan tetap menghadapi tantangan serius. Tiongkok bersedia bersama dunia, bergandengan tangan mendorong usaha pengentasan kemiskinan internasional sekaligus mendorong pembangunan komunitas senasib manusia.

Berikut adalah video dokumenter pendek tentang usaha pengentasan kemiskinan di Tiongkok.

Ben Yuemei, Jurnalis China Media Group

(ads/ads)