Ini Ciri-ciri Burung di Pulau Rote yang akan Dinamai Iriana

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 30 Okt 2017 12:44 WIB
Foto: Burung Iriana (dok KLHK)
Jakarta - Spesies burung baru ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencananya spesies ini akan diberi nama 'Iriana', seperti nama Ibu Negara.

"Burungnya bagus banget. Nama burungnya Iriana, nama ilmiahnya," kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Siti kemudian memberikan informasi tentang spesies burung itu. Secara umum, burung itu memiliki warna merah darah dan hitam.


Bobot burung itu yakni 32,23 gram dengan panjang tubuh 17,2 cm. Ada pun panjang paruhnya adalah 1,79 cm dan panjang sayap 5,8 cm.

Panjang ekor burung itu yakni 3,7 cm dengan tinggi kaki 1,67 cm. Matanya berwarna cokelat gelap dengan warna kaki hitam.

Habitat burung ini ada di hutan yang bisa ditemukan di semak-semak, kebun, dan pepohonan. Burung ini kadang memakan hektar.

Ada pun nama yang diusulkan adalah Myzomela Irianae. Burung ini masuk dalam famili Meliphagidae sehingga termasuk satwa yang dilindungi berdasarkan PP No 7/1999.

Myzomela Irianae ditemukan oleh seorang peneliti LIPI. Menteri LHK kemudian meminta izin kepada Presiden Jokowi untuk memakai nama Ibu Negara Iriana.

"Responsnya Presiden bagus," kata Siti. (bpn/idh)