DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 11:57 WIB

Hotel Tugu Simpan Barang Antik dan Legenda Kerajaan

Muhammad Aminudin - detikNews
Hotel Tugu Simpan Barang Antik dan Legenda Kerajaan Sudut-sudut Hotel Tugu di Malang/Foto: M Aminudin
Malang - Tugu, dalam bahasa Indonesia, berarti 'monumen'. Sejarahnya, Hotel Tugu di Malang yang didirikan tahun 90-an memiliki kemewahan yang terlahir dari cinta dan gairah seseorang atas sejarah romantisme di Indonesia.

Pendiri Tugu Hotel, Anhar Setjadibrata, pernah menjadi seorang mahasiswa kedokteran yang berpaling menjadi pengacara. Dia memiliki banyak koleksi benda seni dan budaya yang terkenal di Indonesia. Dia pun merancang butik-butik yang indah untuk menampung barang-barang antik dan berbagi dengan dunia cerita romantis serta legenda kerajaan kuno Indonesia.

Lorong Hotel Tugu/Lorong Hotel Tugu di Malang/ Foto: M Aminudin


"Misi Tugu adalah menghidupkan kembali seni, jiwa dan romantis masa lampau di Indonesia. Pengalaman Indonesia sepenuhnya ini dicapai tidak hanya melalui desain dan dekorasi bertema seni. Tapi juga dari berbagai pengalaman budaya yang hanya bisa dinikmati para tamu di hotel," urai Manager Marketing Hotel Tugu, Cresentia kepada detikcom, Jumat (6/10/2017).

Salah satunya, aneka artefak kuno Dinasti Ming dimiliki Oie Tiong Ham, konglomerat juga ada koleksi Raja Gula di Asia Tenggara awal abad 20.

Salah satu Hotel Tugu di Malang/Salah satu Hotel Tugu di Malang/ Foto: M. Aminudin


Ruangan khusus dibuat, dilengkapi dengan perabotan antik asli dan langka dari Cina. Perabotan dari periode zaman Dinasti Han dan Dinasti Qing itu benar-benar sangat indah terpajang.

Sementara berbagai macam artefak dan barang peninggalan Oei Tion Ham yang tak ternilai harganya, ditampilkan di Ruangan Raja Gula. Ini merupakan koleksi pribadi pemilik Hotel Tugu.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed