Video 20Detik

1 Warga Positif Covid-19 Kabur ke Surabaya Saat Penyekatan Suramadu

Deny Prasetyo Utomo - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 11:52 WIB
Surabaya -

Penyekatan kendaraan di pintu gerbang Kota Surabaya dari arah Suramadu terus dilakukan. Seluruh pengendara roda dua diperiksa dan diwajibkan tes swab di lokasi.

Dari pantauan detikcom, sekitar pukul 08.30 WIB, petugas menyiapkan dua tempat tes swab. Namun, kerumunan pengendara masih terjadi, meski petugas berulang kali mengingatkan mereka untuk jaga jarak.

Satu pengendara dilaporkan memanfaatkan situasi yang tak terkendali, lalu kabur dan menyusup ke arah Surabaya. Padahal dari tes swab antigen, pengendara tersebut dinyatakan positif.

Tenaga kesehatan yang bertugas mengaku telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Tercatat, pengemudi yang kabur berasal dari Bangkalan.

"Benar sekali dari Bangkalan. Jadi terindikasi positif. Tetapi yang bersangkutan dipanggil dicari tidak jelas ke mana. Melarikan diri ke arah Surabaya,", papar Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo, Senin (7/6/2021).

Polres Pelabuhan Tanjung Perak kini masih melacak pengendara yang kabur. Dalam pencarian, petugas juga berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Surabaya dan Satgas COVID-19 Kabupaten Bangkalan.

"Jadi Satgas COVID-19 Kota Surabaya dan Satgas COVID-19 Bangkalan untuk men-tracking alamat yang bersangkutan di Kecamatan Labeng, Bangkalan," jelas Eko.

Pengaktifan pos penyekatan kendaraan di Jembatan Suramadu dilakukan lantaran kasus positif Covid-19 melonjak di Kabupaten Bangkalan, Madura. Sehari sebelumnya, sekitar 70 warga dari Madura dinyatakan positif terpapar virus corona (COVID-19).

Tak hanya di Suramadu, penyekatan juga dilakukan di Pelabuhan Ujung-Kamal. Seluruh penumpang asal Madura yang tiba dari Surabaya, atau pun sebaliknya, diharuskan mengikuti tes antigen.

(ids/ids)