Beda Versi AS dan China soal Rahasia Intelijen Balon Mata-mata

ADVERTISEMENT

Beda Versi AS dan China soal Rahasia Intelijen Balon Mata-mata

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 07 Feb 2023 23:03 WIB
Amerika Serikat tembak jatuh balon pengintai China di atas laut
Balon mata-mata China (Foto: BBC World)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) dan China menyampaikan keterangan berbeda soal balon mata-mata. AS menyebut ada informasi intelijen berharga yang bisa didapat dari balon mata-mata itu, namun China menyebut balon itu cuma untuk observasi cuaca.

Dilansir AFP, Selasa (7/2/2023), rahasia intelijen China dinilai akan terkuak dengan ditembak jatuhnya sebuah balon mata-mata yang berhari-hari mengudara di wilayah AS, termasuk di atas lokasi militer rahasia. Gedung Putih menyatakan informasi intelijen yang berharga tengah dalam proses pengambilan dari perangkat tersebut.

Sementara, otoritas Beijing mengklaim balon udara raksasa itu merupakan kendaraan udara untuk observasi cuaca. China menyebut balon itu tidak memiliki tujuan militer.

Namun, Washington menggambarkannya sebagai perangkat mata-mata yang canggih dan bisa mengudara sangat tinggi. Balon mata-mata itu telah ditembak jatuh sebuah jet tempur AS di atas pantai timur Atlantik pada Sabtu (4/2) lalu.

Kini, Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS tengah dalam proses mencari dan mengumpulkan puing-puing balon mata-mata itu untuk dianalisis intelijen. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional pada Gedung Putih, John Kirby, mengungkapkan para personel AS 'telah menemukan beberapa puing dari permukaan laut' meskipun kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk pencarian puing-puing lebih lanjut di bawah laut.

"Mereka akan, dalam beberapa hari mendatang, mampu untuk turun ke sana dan mengamati dengan lebih baik apa yang ada di dasar lautan, tapi itu baru saja dimulai," ucap Kirby dalam pernyataannya.

Kirby mengatakan pihaknya telah mengambil langkah untuk memastikan instrumen balon mata-mata itu 'dimitigasi' kemampuannya dalam memata-matai selama penerbangan. Kirby mengatakan pihaknya juga 'menaikkan dan meningkatkan kemampuan kita untuk mengumpulkan intelijen dan informasi dari itu'.

"Kita masih menganalisis informasi yang dapat kita kumpulkan dari balon itu sebelum kami menembaknya di langit dan sekarang kita akan memulihkannya dan saya kira kita akan belajar lebih banyak lagi," tuturnya.

Kirby juga mengungkap bahwa balon mata-mata China itu tidak terbang melayang begitu saja. Dia mengatakan balon itu memiliki baling-baling dan kemudi sebagai sarana pengendali, meskipun saat balon itu tersapu aliran angin sangat kencang di ketinggian yang sangat tinggi.

"Benar bahwa balon ini memiliki kemampuan untuk melakukan manuver sendiri -- untuk mempercepat laju, memperlambat laju dan berbelok. Jadi, balon ini memiliki baling-baling, memiliki kemudi, jika Anda mau, untuk memungkinkannya mengubah arah," ucap Kirby.

Balon mata-mata itu sempat perlahan melintasi wilayah AS bagian tengah dengan sejumlah laporan menyebutnya melewati situs-situs militer sangat rahasia, sebelum akhirnya bergerak ke arah pantai timur AS yang menjadi lokasinya ditembak jatuh. Kepala Komando Utara AS Jenderal Glen VanHerck menyebut sebuah kapal Angkatan Laut tengah dalam proses memetakan zona puing-puing balon mata-mata itu yang diperkirakan luasnya akan mencakup sekitar 1.500 meter kali 1.500 meter di perairan Atlantik.

Balon mata-mata itu sendiri, kata VanHerck, berukuran tinggi 60 meter dan membawa muatan seberat ribuan pon yang kira-kira seukuran jet tempur biasa. Menurut Kirby, AS tidak memiliki niat untuk mengirimkan kembali puing-puing balon udara itu ke China.

"Saya mengetahui tidak ada niat atau rencana untuk mengembalikannya," tegasnya.

VanHerck mengatakan puing balon mata-mata China itu akan dipelajari secara cermat oleh AS.

"Saya tidak mengetahui ke mana puing-puing itu akan dibawa untuk analisis akhir, tapi saya akan memberitahu Anda bahwa komunitas intelijen bersama dengan komunitas penegak hukum yang bekerja di bawah kontraintelijen akan memeriksanya dengan baik," jelas VanHerck dalam pernyataannya.

Simak Video 'Balon Mata-mata Milik China Ukurannya Setara Gedung 15 Lantai':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan China di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT