AS-Filipina Sepakat Mulai Lagi Patroli Bersama di Laut China Selatan

ADVERTISEMENT

AS-Filipina Sepakat Mulai Lagi Patroli Bersama di Laut China Selatan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 04 Feb 2023 15:20 WIB
Philippine Marines amphibious assault vehicles maneouver next to a Philippine BRP Tarlac navy landing platform dock ship during a joint amphibious landing exercise with US marines at a beach facing the South China Sea in San Antonio town, Zambales province on October 7, 2022. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Ilustrasi Laut China Selatan (Foto: AFP/TED ALJIBE)
Jakarta -

Amerika Serikat dan Filipina telah sepakat untuk memulai kembali patroli bersama di Laut China Selatan, seiring dua sekutu lama itu berusaha untuk melawan kebangkitan militer China.

Sebelumnya, kedua negara telah menangguhkan patroli maritim di wilayah itu semasa pemerintahan mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/2/2023), Departemen Pertahanan AS menyatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa selama kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin ke Manila, Filipina, dia dan Menhan Filipina Carlito Galvez "setuju untuk memulai kembali patroli maritim bersama di Laut China Selatan untuk membantu mengatasi tantangan (keamanan)".

Para pejabat itu juga telah mengumumkan kesepakatan untuk memberi pasukan Amerika Serikat akses ke empat pangkalan lain di "kawasan strategis" di negara Asia Tenggara itu.

Kesepakatan itu muncul saat kedua sekutu berusaha untuk memperbaiki hubungan yang retak di bawah presiden Filipina sebelumnya, Duterte, yang lebih menyukai China daripada AS.

Seorang pejabat senior Filipina mengatakan kepada AFP, bahwa kesepakatan tentang patroli bersama itu dibuat "pada menit-menit terakhir" pembicaraan pertahanan pada Kamis llau antara Austin dan Galvez.

"Ada kesepakatan tegas bahwa kami akan membahas pedoman bagaimana melakukan patroli bersama ini," kata pejabat tersebut, yang meminta namanya dirahasiakan karena tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

"Harus ada diskusi tindak lanjut ... (tentang) apa persisnya yang ingin kami lakukan, tepatnya di mana kami ingin melakukan sesuatu, seberapa sering, dan apakah kapal angkatan laut atau penjaga pantai akan berpartisipasi dalam patroli," imbuh pejabat itu.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT