Jerman Akhirnya Setuju Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Rusia Marah!

ADVERTISEMENT

Jerman Akhirnya Setuju Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Rusia Marah!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 11:50 WIB
(FILES) This file photo taken on May 19, 2022 shows a Polish Leopard tank as troops from Poland, USA, France and Sweden take part in the DEFENDER-Europe 22 military exercise, in Nowogard, Poland. - NATO countries are set to announce new
tank Leopard buatan Jerman (Foto: AFP/WOJTEK RADWANSKI
Jakarta -

Pemerintah Rusia bereaksi dengan marah terhadap keputusan Jerman untuk menyetujui pengiriman tank canggih Leopard 2 ke Ukraina. Rusia menyebut Berlin mengabaikan "tanggung jawab historisnya kepada Rusia" yang timbul dari kejahatan Nazi dalam Perang Dunia II.

Dilansir kantor berita Reuters, Kamis (26/1/2023), juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan dalam sebuah posting Telegram bahwa langkah itu adalah konfirmasi keterlibatan Jerman dalam "perang yang telah direncanakan sebelumnya" melawan Rusia.

Kedutaan Rusia di Berlin mengatakan keputusan - yang membuka jalan bagi anggota NATO lainnya juga untuk mengirim tank buatan Jerman tersebut - akan meningkatkan konflik 11 bulan di Ukraina.

"Keputusan yang sangat berbahaya ini membawa konflik ke tingkat konfrontasi baru," kata Duta Besar Rusia untuk Jerman Sergei Nechayev. Dia menambahkan itu akan menyebabkan "kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada hubungan Rusia-Jerman yang sudah menyedihkan".

Sejauh ini, belum ada reaksi langsung dari Presiden Vladimir Putin atas keputusan Jerman tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan pada Rabu (25/1) pagi waktu setempat, bahwa mereka akan mengirimkan 31 tank tempur Abram untuk membantu Ukraina mengusir pasukan Rusia.

Langkah serupa dilakukan Jerman yang akhirnya bersedia mengirim tank Leopard ke Ukraina setelah sebelumnya sempat ogah-ogahan. Dilansir DW, Kanselir Jerman Olaf Scholz telah setuju untuk memasok tank canggih Leopard 2 ke Ukraina, menurut seorang sumber kepada kantor berita dpa pada Selasa (24/1).

Simak Video: Respons Santai Rusia Usai AS-Jerman Kirim Tank untuk Ukraina

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT