Staf Bandara Berlin Mogok Kerja, 300 Penerbangan Dibatalkan

ADVERTISEMENT

Staf Bandara Berlin Mogok Kerja, 300 Penerbangan Dibatalkan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 17:38 WIB
Bandara Brandenburg Berlin
bandara Berlin Brandenburg (BER)
Jakarta -

Semua penerbangan penumpang dibatalkan di bandara Berlin Brandenburg (BER) di Berlin, Jerman pada hari Rabu (25/1), karena para staf bandara melakukan aksi mogok kerja. Aksi ini dilakukan untuk menuntut gaji yang lebih tinggi.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/1/2023), pihak bandara mengatakan bahwa sekitar 300 penerbangan dibatalkan atau dijadwal ulang, yang berdampak pada sekitar 35.000 penumpang.

Aksi mogok kerja selama satu hari ini digagas oleh serikat kerja Verdi untuk meningkatkan tekanan menjelang putaran negosiasi berikutnya dengan para bos.

Serikat pekerja yang punya pengaruh kuat itu, memperkirakan sekitar 1.500 pegawai bandara ikut serta dalam pemogokan tersebut.

Verdi mendesak kenaikan gaji bulanan sebesar 500 euro (US$440) selama periode 12 bulan untuk awak darat. Untuk petugas keamanan, Verdi menginginkan pembayaran bonus yang lebih tinggi untuk akhir pekan dan hari libur.

"Semua orang tahu tentang harga-harga yang sangat tinggi, baik untuk makanan atau di pom bensin," kata perwakilan Verdi, Holger Roessler kepada media Jerman.

Inflasi Jerman melambat menjadi 8,6 persen pada Desember 2022 setelah memuncak menjadi 10,4 persen pada Oktober tahun lalu, terutama berkat langkah-langkah bantuan pemerintah untuk menurunkan biaya energi.

Akhir tahun lalu, serikat dagang terbesar Jerman, IG Metall memenangkan kesepakatan untuk kenaikan gaji 8,5 persen, yang mencakup hampir empat juta pekerja di sektor industri setelah melakukan serangkaian pemogokan.

Simak juga 'Sederet Alasan Mengapa Jerman Bisa Maju di Bidang Teknologi dan Sains':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT