Jerman Kirim Sistem Rudal Canggih Patriot ke Polandia

ADVERTISEMENT

Jerman Kirim Sistem Rudal Canggih Patriot ke Polandia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 12:26 WIB
A general view of a mobile defence surface-to-air missile system, Patriot, before it is transported to Poland from Gnoien, Germany January 23, 2023. REUTERS/Annegret Hilse
Unit pertahanan rudal Patriot yang dikirimkan Jerman ke Polandia (REUTERS/Annegret Hilse)
Berlin -

Jerman mulai mengerahkan dua dari total tiga unit pertahanan udara Patriot yang akan dikirimkan ke kota Zamosc, Polandia, yang terletak dekat dengan perbatasan Ukraina. Sistem rudal canggih itu dikerahkan untuk mencegah serangan rudal nyasar atau salah sasaran.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/1/2023), insiden rudal nyasar sempat terjadi pada November tahun lalu, ketika sebuah rudal Ukraina yang salah sasaran menghantam desa Przewodow di Polandia hingga menewaskan sedikitnya dua orang.

Insiden itu memicu kekhawatiran bahwa perang yang terus berlanjut di Ukraina, yang dipicu oleh invasi militer Rusia, akan meluas hingga melintasi perbatasan negara.

Akibatnya, Berlin menawarkan untuk mengirimkan tiga unit rudal Patriot miliknya ke wilayah Polandia untuk membantu mengamankan wilayah udara negara tetangganya tersebut.

Sistem pertahanan udara berbasis darat seperti rudal Patriot buatan Raytheon diketahui dirancang untuk mencegat rudal yang datang ke wilayah tertentu.

"Salah satu alasan mengapa Jerman sekarang akan mendukung sayap timur NATO di Polandia dengan Patriot adalah tentu saja karena kami melihat seberapa cepat konflik antara Rusia dan Ukraina bisa bisa meluas ke negara-negara anggota NATO," jelas Kolonel Joerg Sievers dari militer Jerman.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Rusia Rudal Apartemen di Dnipro, Belasan Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT