Jerman Izinkan Polandia Kirim Tank Leopard ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Jerman Izinkan Polandia Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 23 Jan 2023 05:32 WIB
(FILES) This file photo taken on May 19, 2022 shows a Polish Leopard tank as troops from Poland, USA, France and Sweden take part in the DEFENDER-Europe 22 military exercise, in Nowogard, Poland. - NATO countries are set to announce new
Tank Leopard (AFP/WOJTEK RADWANSKI)
Jakarta -

Jerman akan memberi wewenang kepada Polandia untuk mengirim tank Leopard buatannya untuk ke Ukraina. Sehingga, tank itu bisa digunakan oleh pihak Ukraina menghadapi invasi dari Rusia.

"Jika kami ditanya pertanyaan itu, maka kami tidak akan menghalangi," kata Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock, kepada televisi LCI setelah pertemuan puncak Prancis-Jerman di Paris, seperti dilansir AFP, Senin (23/1/2022).

"Kami tahu betapa pentingnya tank-tank ini dan inilah mengapa kami mendiskusikannya sekarang dengan mitra kami. Kami perlu memastikan nyawa orang terselamatkan dan wilayah Ukraina dibebaskan," katanya.

Baerbock, yang mewakili Partai Hijau dalam koalisi berkuasa Kanselir Demokrat Sosial Olaf Scholz, mengatakan bahwa Polandia belum membuat permintaan resmi.

Komentarnya muncul saat Berlin menolak tekanan dari Kyiv untuk mengirim sebagian stok tank Leopard miliknya ke Ukraina.

Polandia telah mengumumkan siap mengirimkan 14 tank Leopard ke Kyiv tetapi Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengatakan dia sedang menunggu "pernyataan yang jelas" dari Berlin apakah negara yang memiliki Leopard dapat mentransfernya ke Ukraina.

Dia juga menggambarkan penolakan Jerman untuk mengirim tanknya sendiri ke Ukraina sebagai "tidak dapat diterima".

"Orang yang tidak bersalah meninggal setiap hari," kata agen PAP.

Diketahui, dalam pernyataan bersama hari Sabtu (21/1/2023), para menteri luar negeri dari tiga negara Baltik mendesak Jerman "untuk menyediakan tank Leopard ke Ukraina sekarang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Jumat bahwa "tidak ada alternatif" selain bagi Barat untuk memberikan tank-tank berat kepada Ukraina.

Laporan awal pekan ini mengindikasikan Jerman akan setuju untuk melakukannya hanya jika AS menyediakan tanknya juga. Washington mengatakan pengiriman tank Abrams ke Ukraina tidak layak, dengan alasan kesulitan dalam pelatihan dan pemeliharaan.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT