Misteri Yeti Airlines Ubah Koordinat Lalu Jatuh Sebelum Mendarat

ADVERTISEMENT

Misteri Yeti Airlines Ubah Koordinat Lalu Jatuh Sebelum Mendarat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Jan 2023 05:32 WIB
Rekaman seorang warga Nepal dari atas rumahnya memperlihatkan momen jatuhnya pesawat Yeti Airlines. Terlihat pesawat tersebut sempat menukik.
Yeti Airlines (Foto: AP)
Jakarta -

Penyebab jatuhnya pesawat maskapai Yeti Airlines di jurang Pokhara, Nepal, masih menjadi misteri. Terbaru, pesawat disebut sempat meminta perubahan koordinat.

Informasi terbaru menyebut pilot pesawat sempat meminta perubahan landasan pacu sebelum melakukan pendaratan. Alasan perubahan landasan pacu itu tidak diketahui secara jelas, namun dikabulkan oleh pihak Air Traffic Control (ATC) setempat.

Dilansir Reuters, Selasa (17/1/2023), pesawat jenis ATR-72 yang mengudara dari Kathmandu itu terjatuh ke sebuah jurang di Pokhara sebelum mendarat di tengah cuaca cerah pada Minggu (15/1). Penyebab jatuhnya pesawat yang membawa 72 orang itu masih dalam penyelidikan otoritas Nepal.

Informasi terbaru dari juru bicara bandara Pokhara, Anup Joshi, mengungkapkan pada Senin (16/1) waktu setempat bahwa beberapa menit sebelum mengambil posisi untuk pendaratan, pilot pesawat meminta perubahan landasan pacu.

"Izin diberikan," ucap Joshi dalam pernyataannya.

"Kami tidak bertanya (kenapa), setiap kali pilot meminta, kami memberikan izin untuk mengubah pendekatan," tuturnya.

Dikutip The Kathmandu Post dan The Telegraph India, Joshi menjelaskan bahwa pesawat awalnya akan mendarat pada Landasan 30 di bandara Pokhara. Cuaca saat itu juga disebut tengah dalam keadaan cerah.

Lihat Video: Drone Dikerahkan Cari Korban Pesawat Yeti Airlines

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT