China Luncurkan Pesawat C919, Diharapkan Saingi Boeing-Airbus

ADVERTISEMENT

China Luncurkan Pesawat C919, Diharapkan Saingi Boeing-Airbus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 17:41 WIB
China announced the first delivery of its new domestically produced jetliner, the C919 © - / CNS/AFP
Unit pertama pesawat domestik China, C919, dikirimkan kepada maskapai China Eastern Airlines (CNS/AFP)
Beijing -

China mengumumkan pengiriman pertama pesawat penumpang buatan dalam negeri pertamanya, C919, pada Jumat (9/12) waktu setempat. Pesawat penumpang buatan China itu akan memulai debut komersialnya pada awal tahun depan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/12/2022), Beijing mengharapkan pesawat penumpang C919 akan menyaingi model-model asing seperti Boeing 737 MAX dan Airbus A320, meskipun sebagian besar suku cadangnya bersumber dari luar negeri.

Model pertama pesawat penumpang berbadan ramping dan memiliki 164 kursi penumpang ini secara resmi diserahkan kepada maskapai China Eastern Airlines dalam seremoni di bandara Shanghai pada Jumat (9/12) waktu setempat.

Televisi pemerintah CCTV menyebut langkah itu menandai 'tonggak penting' dalam perjalanan industri pesawat terbang China.

Tayangan yang disiarkan CCTV pada Jumat (9/12) waktu setempat menunjukkan sebuah pesawat penumpang dengan logo China Eastern Airlines di lapangan udara yang diguyur hujan dan menampilkan sekilas bagian kabin di dalam pesawat.

Perusahaan Pesawat Komersial China (COMAC) milik negara memberikan kepada maskapai 'sebuah kunci commemorative untuk C919 pertama di dunia'.

Dalam sebuah airshow bulan lalu, COMAC mengklaim pihaknya telah mendapatkan pesanan 300 unit C919, namun tidak mengklarifikasi apakah pesanan itu telah dikonfirmasi sepenuhnya dan tidak dijelaskan nilai kesepakatan atau tanggal pengiriman.

Namun jika pesanan itu berlanjut, maka itu akan menjadikan jumlah total kesepakatan penjualan C919 yang diketahui melebihi 1.100 unit -- didasarkan penghitungan dari pernyataan-pernyataan COMAC sebelumnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT