Putin: Rusia Hanya Akan Gunakan Senjata Nuklir Jika...

ADVERTISEMENT

Putin: Rusia Hanya Akan Gunakan Senjata Nuklir Jika...

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 14:24 WIB
Russian President Vladimir Putin attends the 10th National Congress of Judges, in Moscow, Russia November 29, 2022. Sputnik/Mikhail Metzel/Pool via REUTERS/File Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Sputnik/Mikhail Metzel/Pool via REUTERS/File Photo)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui ketegangan nuklir tengah meningkat akibat konflik yang terus berlanjut di Ukraina. Namun Putin juga menyatakan bahwa Rusia tidak akan menjadi yang pertama mengerahkan senjata nuklir dalam perang Ukraina.

Ditegaskan Putin bahwa Rusia hanya akan menggunakan nuklir untuk merespons serangan musuh. Demikian seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (8/12/2022).

Berbicara dalam rapat Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Kremlin pada Rabu (7/12) waktu setempat, Putin memperingatkan konflik Ukraina masih akan panjang. Pernyataan itu disampaikan Putin sekitar lebih dari sembilan bulan setelah memerintahkan pengerahan tentara Moskow ke Ukraina.

Pasukan Rusia gagal mencapai sebagian besar tujuan militer utamanya sejak melancarkan invasi pada akhir Februari lalu. Situasi itu semakin meningkatkan kekhawatiran bahwa kebuntuan di medan perang bisa mendorong Moskow untuk mengerahkan persenjataan nuklir demi mencapai terobosan.

Putin yang sebelumnya mengisyaratkan penggunaan senjata taktis kecil dalam perang, berusaha menepis kekhawatiran tersebut.

"Kami belum menjadi gila, kami menyadari apa itu senjata nuklir," tegas Putin.

"Kami memiliki sarana ini dalam bentuk lebih maju dan modern dibandingkan negara nuklir lainnya ... Tapi kami tidak akan berkeliling dunia sambil mengacungkannya seperti pisau," imbuhnya.

Namun demikian, Putin mengakui ketegangan terkait senjata nuklir kini tengah meningkat. "Ancaman semacam itu tengah meningkat. Mengapa merahasiakannya di sini?" sebutnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Inggris: Putin Sedang Coba 'Bekukan' Ukraina Agar Tunduk!

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT