Zelensky Terpilih Jadi TIME Person of the Year 2022

ADVERTISEMENT

Zelensky Terpilih Jadi TIME Person of the Year 2022

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 09:45 WIB
New York -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersama dengan 'semangat Ukraina' terpilih menjadi TIME Person of the Year untuk tahun 2022. Gelar itu diraih Zelensky atas perlawanan yang ditunjukkan Ukraina yang dipimpinnya dalam menghadapi invasi militer Rusia.

Seperti dilansir AFP, Kamis (8/12/2022), pemimpin redaksi majalah Time Edward Felsenthal menyebut keputusan Zelensky untuk tetap berada di Kiev dan mempertahankan negaranya jelas 'menentukan'. Dia menyebutnya sebagai keputusan 'yang paling jelas dalam ingatan'.

Sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu, Zelensky telah memberikan rentetan pidato setiap harinya, tidak hanya kepada warga Ukraina, tapi juga kepada seluruh warga dan pemerintahan berbagai negara di seluruh dunia.

Zelensky juga muncul di garis depan pertempuran dan baru-baru ini merayakan di jalanan Kherson saat pasukan Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia.

"Serangan informasinya mengubah sistem cuaca geopolitik, memicu gelombang aksi yang melanda dunia," sebut Felsenthal saat mengumumkan pemenang TIME Person of the Year 2022 pada Rabu (7/12) waktu setempat.

"Apakah pertempuran untuk Ukraina memenuhi orang lain dengan harapan atau ketakutan, Volodymyr Zelensky menempa dunia dengan cara yang belum pernah kita lihat selama bertahun-tahun," ucapnya.

Zelensky berbagi gelar TIME Person of the Year 2022 dengan 'semangat Ukraina', yang disebut Felsenthal diwujudkan oleh 'banyak individu di dalam dan luar negara tersebut' yang berjuang di balik layar, termasuk orang-orang biasa seperti koki dan dokter bedah.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT