6 Orang Tewas Akibat Ledakan Bom Pinggir Jalan di Afghanistan

ADVERTISEMENT

6 Orang Tewas Akibat Ledakan Bom Pinggir Jalan di Afghanistan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 16:04 WIB
Taliban security personnel carry a damaged bus after a roadside bomb blast in Mazar-e Sharif, the capital city of Balkh province, in northern Afghanistan, Tuesday, Dec. 6, 2022. A Taliban official says that a roadside bomb went off near a government bus in northern Afghanistan, killing several people. (AP Photo)
Personel keamanan Taliban mengangkut bus yang rusak akibat ledakan bom di Mazar-e Sharif pada Selasa (6/12) waktu setempat (AP Photo)
Kabul -

Sebuah bom meledak di pinggir jalanan di wilayah Afghanistan bagian utara pada jam-jam sibuk pagi hari pada Selasa (6/12) waktu setempat. Sedikitnya enam orang tewas akibat ledakan itu.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (6/12/2022), ledakan itu dilaporkan terjadi di dekat sebuah bus yang mengangkut para pegawai pemerintah yang berangkat bekerja.

Juru bicara kepala kepolisian Provinsi Balkh yang ditunjuk Taliban, Mohammad Asif Waziri, menyebut ledakan bom yang mengguncang wilayah Mazar-e Sharif, ibu kota Provinsi Balkh, itu juga melukai tujuh orang lainnya.

Bom itu diduga dipasang di dalam sebuah gerobak yang ada di pinggir jalanan dan diledakkan saat bus milik departemen gas dan perminyakan Hiaratan yang membawa para pegawainya melintas.

Sejumlah foto yang diposting ke media sosial dari lokasi ledakan menunjukkan sebuah bus dan satu kendaraan lainnya mengalami kerusakan, sedangkan sejumlah gerobak dan kedai buah-buahan terguling di tepi jalanan usai ledakan terjadi. Bus tersebut akhirnya diderek dari lokasi kejadian.

Belum ada pihak maupun kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Namun diketahui bahwa sejak Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan tahun 2021 lalu, kelompok afiliasi militan Islamic State (ISIS) di Provinsi Khorasan, atau yang disebut ISIS-K dan rival dari Taliban semakin meningkatkan serangan-serangannya.

Pekan lalu, sebuah ledakan mengguncang sebuah madrasah di kota Aybak, Provinsi Samangan, Afghanistan bagian utara. Sedikitnya 16 orang dilaporkan tewas akibat ledakan tersebut dan 24 orang lainnya mengalami luka-luka.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT