Abaikan Peringatan China, Anggota Parlemen Australia Tiba di Taiwan

ADVERTISEMENT

Abaikan Peringatan China, Anggota Parlemen Australia Tiba di Taiwan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 15:04 WIB
Bendera Taiwan
Ilustrasi bendera Taiwan (Foto: dok)
Jakarta -

Sekelompok anggota parlemen Australia telah mendarat di Taiwan. Kunjungan mereka telah mengabaikan peringatan dari pemerintah China soal kunjungan tersebut. Lawatan ini dilakukan pada saat meningkatnya ketegangan atas pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

"Ada sekelompok anggota parlemen bipartisan dari Australia yang sedang mengunjungi Taiwan. Mereka sudah ada di sini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan, Joanne Ou kepada wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (6/12/2022).

Juru bicara tersebut mengatakan bahwa delegasi Australia akan "membahas beragam masalah yang menjadi kepentingan bersama", ujarnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Kami menghargai bahwa parlemen Australia sangat bersahabat dengan Taiwan," kata Ou, menyebut hubungan Taipei dengan Canberra "kokoh, beragam, dan saling menguntungkan".

Delegasi Australia itu berangkat pada Minggu (4/12) lalu untuk kunjungan selama lima hari ke Taiwan, menurut juru bicara salah satu anggota delegasi. Kunjungan ini mempertaruhkan kemarahan China saat hubungan Beijing-Canberra tampaknya mencair.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China pada hari Senin (5/12) menyatakan menentang kunjungan itu. Kementerian menyerukan Australia untuk mematuhi "prinsip satu-China" dan "berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan 'kemerdekaan Taiwan'."



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT