Iran Eksekusi Mati 4 Orang yang Dituduh Jadi Mata-mata Mossad

ADVERTISEMENT

Iran Eksekusi Mati 4 Orang yang Dituduh Jadi Mata-mata Mossad

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Des 2022 14:39 WIB
FILE PHOTO: An Iranian flag flutters in front of the International Atomic Energy Agency (IAEA) headquarters in Vienna, Austria, January 15, 2016.   REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo)
Teheran -

Otoritas Iran mengeksekusi mati empat orang yang dituduh bekerja untuk badan intelijen Israel, Mossad. Tiga orang lainnya dijatuhi hukuman penjara yang panjang terkait kasus yang sama.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (5/12/2022), kantor berita IRNA melaporkan Garda Revolusi Iran mengumumkan penangkapan sejumlah orang terkait Mossad. Disebutkan bahwa orang-orang yang ditangkap memiliki catatan kriminal sebelumnya dan pernah diadili atas tuduhan mengganggu keamanan negara.

Iran dan Israel merupakan musuh bebuyutan, dengan Teheran terkadang mengumumkan penahanan orang-orang yang dituduh terlibat jaringan mata-mata untuk negara asing, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Israel. Teheran tidak mengakui Israel dan mendukung kelompok bersenjata anti-Israel di kawasannya, seperti Hizbullah dan Hamas.

Laporan kantor berita IRNA menyebut anggota jaringan mata-mata itu mencuri dan menghancurkan properti privat maupun publik, juga menculik individu-individu dan menginterogasi mereka. Disebutkan juga bahwa mata-mata itu memiliki persenjataan dan menerima gaji dari Mossad dalam bentuk mata uang kripto. Otoritas Iran tidak memberikan bukti atas tuduhan-tuduhannya.

Namun kantor berita IRNA mengidentifikasi empat orang yang dieksekusi mati sebagai Hossein Ordoukhanzadeh, Shahin Imani Mahmoudabadi, Milad Ashrafi dan Manouchehr Shahbandi. Mereka ditangkap dan divonis mati pada Juni lalu atas dakwaan 'kerja sama intelijen dengan Israel'.

Tiga orang lainnya yang juga jaringan kelompok mata-mata itu, namun tidak disebut identitasnya, dijatuhi hukuman 5 tahun penjara hingga 10 tahun penjara.

Pengadilan revolusi Iran secara rutin menjatuhkan hukuman mati, meskipun tidak diketahui secara jelas pengadilan mana yang menjatuhkan hukuman mati terhadap empat orang yang didakwa menjadi mata-mata Israel itu pada Juni lalu.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT