Ukraina Tahan 8 Orang yang Coba Mencuri Mural Karya Banksy di Kiev

ADVERTISEMENT

Ukraina Tahan 8 Orang yang Coba Mencuri Mural Karya Banksy di Kiev

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 03:55 WIB
Ilustrasi buron, buronan, buron ditangkap (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi penangkapan pelaku kejahatan (Andhika-detikcom)
Kiev -

Ukraina telah menahan delapan orang atas percobaan pencurian mural dari dinding di pinggiran Kiev. Mural tersebut dilukis oleh seniman jalanan Inggris, Banksy.

Dilansir AFP, Minggu (4/12/2022), mural itu bergambar stensil seseorang dengan gaun tidur dan masker gas memegang alat pemadam api. Mural tersebut dilukis di dinding sebuah rumah, samping sisa-sisa jendela yang hangus di kota Gostomel.

"Sekelompok orang mencoba mencuri mural Banksy. Mereka memotong karya dari dinding sebuah rumah yang dihancurkan oleh Rusia," kata Gubernur Kiev, Oleksiy Kuleba dalam sebuah posting di Telegram Jumat (2/12) malam.

Dia menempelkan gambar lubang menganga di dinding tempat gambar itu pernah berdiri.

"Beberapa orang ditahan di tempat," katanya.

"Gambar itu dalam kondisi baik dan berada di tangan pihak berwenang," tambahnya.

Kepala polisi Kiev, Andriy Nebitov mengatakan delapan orang tersebut telah diidentifikasi. Beberapa orang yang diamankan itu kemungkinan terlibat dalam aksi pencurian dan penyelidikan awal telah dibuka untuk masalah tersebut.

"Semuanya berusia antara 27 dan 60 tahun. Mereka adalah penduduk Kiev dan Cherkasy, sekitar 200 km (120 mil) tenggara ibukota," katanya.

Bulan lalu, Banksy memposting gambar stensil pesenam yang melakukan handstand di dinding sebuah bangunan yang hancur di Borodyanka, pinggiran ibu kota lainnya. Dia kemudian memposting video dari beberapa karya seninya, termasuk orang bertopeng gas yang memegang alat pemadam api.

Lainnya termasuk potret seorang pria berjanggut sedang menggosok di bak mandi, dan seorang anak laki-laki dengan pakaian karate membanting lawan dewasanya ke tanah.

Bersama dengan kota-kota seperti Bucha dan Irpin, Borodyanka dan Gostomel sangat terpukul oleh pengeboman Rusia setelah Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari.

Lihat Video: Ukraina 'Membeku' di Tengah Terbatasnya Listrik, Air dan Penghangat

[Gambas:Video 20detik]




(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT