2 Bom Targetkan Mobil Kedutaan Italia di Athena Yunani

ADVERTISEMENT

2 Bom Targetkan Mobil Kedutaan Italia di Athena Yunani

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 04:26 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi (Luthfy Syahban/detikcom)
Athena -

Dua bom rakitan menargetkan mobil milik Kedutaan Italia di Yunani. Polisi Yunani menyebut salah satu bom meledak tanpa menyebabkan korban cedera.

Dilansir AFP, Sabtu (3/12/2022), sebuah bom rakitan meledak sekitar pukul 04.00, Jumat (2/11) waktu setempat. Ledakan merusak sebuah kendaraan yang diparkir di rumah seorang petugas kedutaan di pinggiran kota Athena.

Bom lain yang ditempatkan di dekat kendaraan diplomatik kedua, tidak meledak. Tidak ada klaim tanggung jawab segera terkait ledakan ini. Sementara petugas mengatakan mereka sedang menyelidiki.

Sementara itu, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengungkapkan 'keprihatinan yang mendalam' atas apa yang disebutnya sebagai 'serangan, mungkin berasal dari anarkis'.

Meloni menambahkan dia mengikuti kasus itu 'dengan penuh perhatian' melalui Menteri Luar Negeri Antonio Tajani yang berada di Athena untuk melakukan pembicaraan.

Kementerian Luar Negeri Yunani 'mengutuk keras serangan itu' dan mengatakan tindakan 'yang tidak dapat diterima'. Dia menyebut serangan itu tidak akan mengganggu hubungan degan Italia.

"Tidak akan mengganggu hubungan baik dan ikatan persahabatan lama antara Yunani dan mitra serta sekutunya Italia," kata Kementerian Luar Negeri Yunani.

Perangkat bom buatan sendiri, yang menyebabkan kerusakan tetapi jarang menimbulkan cedera, biasanya digunakan untuk melawan target politik atau diplomatik, bank atau perusahaan asing di Yunani.

Polisi sering menyalahkan kelompok ekstrim kiri atau anarkis atas serangan ini.

Simak juga 'Spanyol Diguncang Paket Bom':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT