Joe Biden Pantau Demo Pembatasan COVID-19 Berujung Bentrok di China

ADVERTISEMENT

Joe Biden Pantau Demo Pembatasan COVID-19 Berujung Bentrok di China

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 05:00 WIB
President Joe Biden speaks during the Commission on the Partnership for Global and Infrastructure Investment Meeting at the G20 summit, Tuesday, Nov. 15, 2022, in Nusa Dua, Bali, Indonesia. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (AP/Alex Brandon)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memantau dengan cermat demo pembatasan aturan COVID-19 berujung bentrok di China. Pengunjuk rasa menuntut diakhirinya pembatasan aturan COVID-19 dan kebebasan politik yang lebih besar.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2022), pernyataan tersebut muncul setelah ratusan orang turun ke jalan di kota-kota besar China selama akhir pekan. Mereka meluapkan frustrasi publik yang jarang terjadi dan menyebar ke komunitas keturunan China internasional juga.

"Dia memantau ini. Kita semua. Jadi ya, presiden pasti tetap berhati-hati," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan.

Kirby tidak menjelaskan reaksi Biden terhadap tuntutan para demonstran, dengan mengatakan: "Presiden tidak akan berbicara untuk pengunjuk rasa di seluruh dunia. Mereka berbicara untuk diri mereka sendiri."

Namun, dia menekankan dukungan AS untuk hak-hak para demonstran. "Orang-orang harus diberi hak untuk berkumpul dan memprotes secara damai kebijakan atau undang-undang atau perintah yang mereka permasalahkan," kata Kirby.

"Kami mengawasi ini dengan cermat, seperti yang Anda duga," tambahnya.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa Amerika Serikat menganggap kebijakan penguncian COVID-19 di China berlebihan.

"Kami pikir akan sangat sulit bagi Republik Rakyat Tiongkok untuk dapat menahan virus ini melalui strategi nol-Covid mereka," kata seorang juru bicara departemen.

Ketidakpuasan telah muncul selama berbulan-bulan di China atas langkah pengendalian virus Corona yang keras, dengan karantina yang panjang, pembatasan lokal, dan pembatasan perjalanan.

Lihat video 'Demo Pembatasan Covid, Warga China Minta Xi Jinping Mundur':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT