Italia Umumkan Keadaan Darurat Usai Tanah Longsor di Pulau Ischia

ADVERTISEMENT

Italia Umumkan Keadaan Darurat Usai Tanah Longsor di Pulau Ischia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 12:21 WIB
Damaged cars lie at a street following a landslide on the Italian holiday island of Ischia, Italy November 26, 2022. REUTERS/Ciro de Luca
tanah longsor di Pulau Ischia, Italia (Foto: Reuters/Ciro de Luca)
Jakarta -

Pemerintah Italia mengumumkan keadaan darurat pada hari Minggu (27/11) waktu setempat setelah tanah longsor di Pulau Ischia merenggut korban jiwa dan menyebabkan belasan orang hilang.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (28/11/2022), tahap pertama dana bantuan dua juta euro dikeluarkan pada akhir rapat kabinet darurat yang menyatakan keadaan darurat, kata Menteri Perlindungan Sipil Nello Musumeci.

Hingga Senin (28/11/2022), sebanyak tiga orang tewas dan 12 orang hilang akibat tanah longsor di Pulau Ischia. Beberapa dari mereka yang dilaporkan hilang sebelumnya kemudian ditemukan selamat, termasuk satu keluarga dengan bayi yang baru lahir.

"Korban pertama dipastikan adalah seorang wanita yang ditemukan tim penyelamat," menurut prefek Napoli, Claudio Palomba.

Dilansir Reuters, Senin (28/11/2022), petugas penyelamat terus melakukan pencarian di sekitar perairan di lepas pelabuhan kota Casamicciola Terme, sebuah resor spa dengan 8.000 penduduk di musim dingin di pulau subur Ischia, dekat Capri.

Lebih dari 200 penyelamat saat ini masih mencari selusin orang yang hilang. Sementara ratusan sukarelawan dan lainnya sibuk membersihkan jalan-jalan kota dari lumpur.

Tampak banyak puing-puing mobil dan bus yang hancur akibat tanah longsor. Batu-batu besar berserakan saat ekskavator berusaha membebaskan akses ke rumah, mobil, dan toko.

"Gunung longsor, ada kerusakan toko, mobil, hotel dan itu sudah terjadi sembilan tahun lalu. Sekarang saya sedang membersihkan toko ibu mertua saya," kata Salvatore Lorini (45) kepada AFP.

Longsor di Pulau Ischia disebabkan oleh hujan deras 126 milimeter (hampir lima inci) dalam waktu enam jam. Pemerintah setempat mengatakan bahwa itu adalah curah hujan terberat dalam waktu 20 tahun.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT