Longsor di Pulau Ischia Italia Telan Korban Jiwa, Ini 5 Hal yang Diketahui

ADVERTISEMENT

Longsor di Pulau Ischia Italia Telan Korban Jiwa, Ini 5 Hal yang Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 11:38 WIB
Longsor di Pulau Ischia, Italia terjadi sejak Sabtu (26/11/2022). Longsor tersebut dilaporkan menimbulkan korban jiwa serta menghancurkan sejumlah bangunan.
Longsor di Pulau Ischia, Italia (Foto: AP/Salvatore Laporta)
Jakarta -

Longsor di Pulau Ischia, Italia terjadi sejak Sabtu (26/11/2022) pagi waktu setempat. Bencana longsor tersebut dilaporkan menimbulkan korban jiwa serta menghancurkan sejumlah bangunan.

Lalu, apa penyebab longsor di Pulau Ischia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Awal Mula Longsor di Pulau Ischia

Dilansir AP, hujan deras menyebabkan tanah longsor di kota kecil Casamicciola Terme, Pulau Ischia, Italia Selatan. Belasan orang dilaporkan hilang, mobil hanyut, serta banyak bangunan rusak akibat bencana longsor tersebut.

Tak hanya itu, proses evakuasi pun terhambat karena hujan dan angin kencang. Kapal feri yang membawa bantuan dari daratan pun ikut tertunda.

Longsor di Pulau Ischia, Italia terjadi sejak Sabtu (26/11/2022). Longsor tersebut dilaporkan menimbulkan korban jiwa serta menghancurkan sejumlah bangunan.Longsor di Pulau Ischia, Italia terjadi sejak Sabtu (26/11/2022). Longsor tersebut dilaporkan menimbulkan korban jiwa, bangunan hancur, serta kendaraan rusak. (Foto: AP/Alessandro Garofalo)

Penyebab Longsor Pulau Ischia

Longsor di Pulau Ischia disebabkan oleh hujan deras 126 milimeter (hampir lima inci) dalam waktu enam jam. Pemerintah setempat mengatakan bahwa itu adalah curah hujan terberat dalam waktu 20 tahun.

Korban Longsor di Pulau Ischia: 3 Tewas, 12 Orang Hilang

Hingga Senin (28/11/2022), sebanyak tiga orang tewas dan 12 orang hilang akibat longsor di Pulau Ischia. Beberapa dari mereka yang dilaporkan hilang sebelumnya kemudian ditemukan selamat, termasuk satu keluarga dengan bayi yang baru lahir.

"Korban pertama dipastikan adalah seorang wanita yang ditemukan tim penyelamat," menurut prefek Napoli, Claudio Palomba, dikutip detikcom, Senin (28/11/2022).

Dilansir Reuters, Senin (28/11/2022), petugas penyelamat terus melakukan pencarian di sekitar perairan di lepas pelabuhan Casamicciola. Jumlah masyarakat yang juga terdampak longsor Pulau Ischia adalah:

  • 100 orang terlantar tanpa air
  • 70 orang ditempatkan di gimnasium komunitas

Kerusakan Usai Longsor di Pulau Ischia

Selain korban jiwa, longsor di Pulau Ischia juga menimbulkan berbagai kerusakan. Dikutip dari AP, berikut datanya.

  • Sejumlah mobil dan motor tersapu ke lautan
  • Bangunan hancur
  • Jalanan rusak tidak bisa dilewati.

Upaya Pemerintah Tangani Longsor

Pemerintah sayap kanan baru Italia yang dipimpin oleh Giorgia Meloni mengadakan rapat kabinet, Minggu (27/11/2022). Dari rapat tersebut, menghasilkan keputusan yang bertujuan memberikan bantuan cepat kepada para korban longsor di Pulau Ischia, termasuk 167 orang yang dievakuasi. Paket bantuan awal sebesar 2 juta euro.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT