Yordania Akan Dapat Bantuan Keuangan Rp 13,2 T dari AS

ADVERTISEMENT

Yordania Akan Dapat Bantuan Keuangan Rp 13,2 T dari AS

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 11:58 WIB
People walk amongst US national flags erected by students and staff from Pepperdine University to honor the victims of the September 11, 2001 attacks in New York, at their campus in Malibu, California on September 10, 2015. The students placed some 3,000 flags in the ground in tribute to the nearly 3,000 victims lost in the attacks almost 14 years ago.      AFP PHOTO / MARK RALSTON / AFP / MARK RALSTON
Ilustrasi (dok. AFP PHOTO/MARK RALSTON)
Amman -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan memberikan bantuan keuangan sebesar lebih dari US$ 845 juta (Rp13,2 triliun) kepada Yordania. Bantuan keuangan itu bersifat tahunan untuk Yordania yang sangat bergantung pada bantuan asing.

Seperti dilansir AFP, Senin (28/11/2022), pemerintah Yordania menyebut Perdana Menteri (PM) Bisher al-Khasawneh hadir langsung dalam seremoni penandatanganan 'perjanjian dengan Amerika Serikat untuk alokasi dukungan finansial tahunan sebesar US$ 845,1 juta'.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Menteri Perencanaan dan Kerja Sama Internasional Zeina Toukan dan pejabat USAID Margaret Spears dalam seremoni di Amman, ibu kota Yordania.

Diketahui bahwa Yordania merupakan sekutu utama Barat di kawasan Timur Tengah.

"Yordania sangat berterima kasih atas dukungannya, yang menunjukkan bahwa Amerika Serikat memahami tantangan (yang dihadapi Yordania)," sebut Khasawneh dalam pernyataannya.

Dituturkan Toukan dalam seremoni penandatanganan itu bahwa AS akan memberikan bantuan keuangan itu pada akhir bulan. Dia juga menyebut bahwa bantuan keuangan itu akan digunakan untuk 'mendanai proyek-proyek pembangunan dan melaksanakan reformasi ekonomi di berbagai sektor'.

Pada September lalu, AS berkomitmen memberikan bantuan sebesar US$ 10,15 miliar untuk Yordania antara tahun 2023 hingga 2029.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT