ADVERTISEMENT

Kecam Sanksi Sepihak, Adik Kim Jong Un Sebut Presiden Korsel 'Idiot'

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 12:43 WIB
FILE - In this March 2, 2019, file photo, Kim Yo Jong, sister of North Koreas leader Kim Jong Un attends a wreath-laying ceremony at Ho Chi Minh Mausoleum in Hanoi, Vietnam. The powerful sister of North Korean leader Kim ripped South Korea for proceeding with military exercises with the United States she claimed are an invasion rehearsal and warned that the North will speed up its efforts to strengthen its pre-emptive strike capabilities. (Jorge Silva/Pool Photo via AP, File)
Kim Yo Jong, adik Kim Jong Un (dok. Jorge Silva/Pool Photo via AP, File)
Pyongyang -

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, melontarkan ancaman dan penghinaan untuk Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol saat mengecam sanksi sepihak yang dipertimbangkan Seoul terkait peluncuran rudal terbaru Pyongyang.

Seperti dilansir AFP, Kamis (24/11/2022), Kim Yo Jong dalam pernyataan via kantor berita resmi Korean Central News Agency (KCNA) menyebut Presiden Yoon dan pemerintahannya sebagai 'para idiot' dan 'anjing setia' Amerika Serikat (AS).

Komentar keras Kim Yo Jong itu disampaikan setelah Seoul menyatakan pada pekan ini tengah mempertimbangkan sanksi-sanksi baru secara sepihak untuk Korut terkait rentetan peluncuran rudal terkini, termasuk sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) yang diluncurkan pekan lalu.

"Tindakan menjijikkan ini menunjukkan lebih jelas bahwa kelompok Korea selatan adalah 'anjing setia' dan kaki tangan AS," cetus Kim Yo Jong dalam pernyataannya seperti dikutip KCNA pada Kamis (24/11) waktu setempat.

"Saya bertanya-tanya 'sanksi' apa yang secara lancang dijatuhkan oleh kelompok Korea selatan, yang tidak lebih dari seekor anjing liar yang berlarian mengejar tulang yang diberikan oleh AS, terhadap DPRK," ujarnya menggunakan nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea.

"Pemandangan luar biasa!" imbuh Kim Yo Jong dengan nada menyindir.

Korut diketahui selalu menyebut Korsel dengan menggunakan huruf 's' kecil untuk kata 'selatan', yang diyakini menjadi bentuk tidak menghormati negara tetangganya itu.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT