Buntut Demo Rusuh, China Lockdown Kota Lokasi Pabrik Terbesar iPhone

ADVERTISEMENT

Buntut Demo Rusuh, China Lockdown Kota Lokasi Pabrik Terbesar iPhone

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 11:53 WIB
Beijing -

Otoritas China memerintahkan lockdown virus Corona (COVID-19) diterapkan di kota Zhengzhou yang menjadi lokasi pabrik terbesar iPhone. Perintah lockdown diberikan usai aksi protes diwarnai tindak kekerasan terjadi di kompleks pabrik pembuat iPhone tersebut.

Para demonstran bahkan terlibat bentrokan sengit dengan para polisi yang mengamankan lokasi unjuk rasa. Demikian seperti dilansir AFP, Kamis (24/11/2022).

Pengumuman pemerintah kota Zhengzhou menyatakan penduduk yang ada di pusat kota tidak akan bisa meninggalkan area tersebut, kecuali mereka memiliki hasil tes negatif COVID-19 dan izin resmi dari pemerintah.

Warga setempat diimbau tidak meninggalkan rumah masing-masing 'kecuali diperlukan' selama lockdown berlangsung.

Pembatasan-pembatasan itu akan berlangsung selama lima hari terhitung sejak Jumat (25/11) tengah malam waktu setempat. Aturan itu akan berdampak pada lebih dari 6 juta orang -- sekitar separuh dari total populasi kota Zhengzhou.

Pemberitahuan pemerintah yang dirilis Rabu (23/11) tengah malam waktu setempat, juga mewajibkan warga di delapan distrik setempat untuk menjalani tes nucleic acid atau tes PCR setiap hari selama periode lima hari lockdown berlangsung.

Perintah soal pembatasan ketat dan lockdown di Zhengzhou itu dirilis setelah aksi protes yang diwarnai kekerasan melanda kompleks pabrik iPhone yang ada di kota tersebut. Aksi protes itu disebut disebabkan oleh gaji yang belum dibayarkan dan kekhawatiran menyebarnya penularan Corona.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT