Kasus Harian Corona di China Cetak Rekor Tertinggi Sejak Awal Pandemi!

ADVERTISEMENT

Kasus Harian Corona di China Cetak Rekor Tertinggi Sejak Awal Pandemi!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 09:40 WIB
CHENGDU, CHINA - SEPTEMBER 2, 2022 - An empty road is seen in Chengdu, Sichuan province, China, on Sept 2, 2022. Chengdu began static management today because of the epidemic. (Photo credit should read CFOTO/Future Publishing via Getty Images)
Situasi pandemi Corona di China (dok. CFOTO/Future Publishing/Getty Images)
Beijing -

Jumlah kasus harian virus Corona (COVID-19) di China mencetak rekor tertinggi sejak awal pandemi bergulir. Rekor terbaru ini tercatat saat negara itu tengah menghadapi kemunculan wabah baru Corona yang memicu penerapan kembali lockdown singkat, tes massal dan pembatasan perjalanan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (24/11/2022), Biro Kesehatan Nasional China melaporkan sedikitnya 31.444 kasus Corona domestik, atau yang penularannya terjadi di dalam negeri, sepanjang Rabu (23/11) waktu setempat. Dari jumlah itu, sebanyak 27.517 kasus Corona di antaranya merupakan tanpa gejala.

Jumlah kasus harian sebesar itu tentu relatif kecil jika dibandingkan dengan total populasi China yang sejauh ini mencapai 1,4 miliar jiwa.

Namun di bawah kebijakan ketat nol-COVID yang diberlakukan pemerintah China, bahkan wabah kecil pun bisa memicu lockdown terhadap seluruh kota dan menempatkan orang-orang yang dianggap kontak dekat pasien Corona ke dalam karantina ketat.

Kebijakan nol-COVID yang tidak henti-hentinya diberlakukan, telah menyebabkan kelelahan dan kebencian di antara sebagian besar penduduk China saat pandemi Corona memasuki tahun ketiga.

Situasi tersebut memicu aksi protes secara sporadis dan berdampak pada produktivitas kerja di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu.

Jumlah kasus harian Corona sebesar 31.454 kasus yang tercatat pada Rabu (23/11) waktu setempat itu melampaui rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada pertengahan April lalu, ketika 29.317 kasus Corona tercatat dalam sehari saat kota Shanghai ditempatkan di bawah lockdown.

Lihat juga video 'Pemerintah Izinkan Vaksin Covid-19 Booster Kedua untuk Lansia':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT