ADVERTISEMENT

Rudal Moskow Bikin Ukraina Gelap Gulita, Zelensky Minta PBB Hukum Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 11:11 WIB
A view shows the city centre without electricity after critical civil infrastructure was hit by Russian missile attacks, amid Russias invasion of Ukraine, in Lviv, Ukraine November 23, 2022. REUTERS/Pavlo Palamarchuk
Kegelapan menyelimuti kota Lviv di Ukraina yang tidak mendapatkan pasokan listrik usai serangan rudal Rusia menghantam infrastruktur energi setempat (REUTERS/Pavlo Palamarchuk)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengambil tindakan terhadap Rusia atas serangan udara yang menghantam infrastruktur sipil yang membuat kota-kota Ukraina diselimuti kegelapan dan kedinginan saat musim dingin datang.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (24/11/2022), pasukan Rusia kembali menembakkan rentetan rudal di berbagai wilayah Ukraina pada Rabu (23/11), yang menewaskan sedikitnya 10 orang. Serangan rudal itu memaksa penutupan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), juga memutuskan pasokan listrik dan air di banyak wilayah.

"Hari ini hanya satu hari, tapi kami telah menerima 70 rudal. Itu adalah formula teror Rusia. Ini semua ditargetkan terhadap infrastruktur energi kami... Rumah sakit, sekolah-sekolah, transportasi, distrik permukiman, semuanya menderita," ungkap Zelensky dalam pidato terbaru via video link di hadapan Dewan Keamanan PBB.

Zelensky menyatakan Ukraina sedang menunggu untuk melihat adanya 'reaksi sangat tegas' dari dunia, terhadap serangan udara Rusia pada Rabu (23/11).

Namun diketahui Dewan Keamanan PBB sepertinya tidak akan bisa mengambil tindakan tegas untuk merespons permohonan Zelensky, mengingat Rusia merupakan salah satu anggota tetap yang memiliki hak veto.

Dalam tanggapannya, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Linda Thomas-Greenfield menyebut Presiden Rusia Vladimir Putih telah 'secara jelas menjadikan musim dingin sebagai senjata untuk menimbulkan penderitaan luar biasa pada rakyat Ukraina'.

Dia menyebut Putin 'akan berupaya membekukan negara itu agar tunduk' -- merujuk pada Ukraina.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT