Ukraina Berhasil Rebut Semenanjung Laut Hitam dari Rusia!

ADVERTISEMENT

Ukraina Berhasil Rebut Semenanjung Laut Hitam dari Rusia!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 10:20 WIB
Ukrainian servicemen stand next to a school building destroyed by a Russian air strike in a village near a frontline in Mykolaiv region, Ukraine October 26, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Ilustrasi -- Tentara Ukraina di wilayah Mykolaiv (dok. REUTERS/VALENTYN OGIRENKO)
Kiev -

Ukraina mengklaim pasukannya berhasil merebut kembali nyaris seluruh wilayah Mykolaiv di bagian selatan negara itu, tepatnya di semenanjung terpencil yang ada di lepas pantai Laut Hitam. Pertempuran antara pasukan Kiev dan Rusia dilaporkan masih terus berlanjut di area tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/11/2022), tentara Ukraina telah memukul mundur pasukan Rusia dari wilayah Mykolaiv dan Kherson, serta baru-baru ini menguasai kembali kota Kherson, yang sebelumnya menjadi satu-satunya ibu kota regional Ukraina yang berhasil dikuasai pasukan Moskow sejak invasi dilancarkan.

"Kami mengembalikan kendali penuh atas kawasan tersebut. Kami memiliki tiga permukiman tersisa di Kinburn Spit untuk secara resmi tidak lagi menjadi wilayah perang," tegas Gubernur Mykolaiv Vitaly Kim dalam pernyataan via media sosial.

Pengumuman itu disampaikan setelah juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina mengonfirmasi pasukan Kiev melancarkan 'operasi militer' di Kinburn Spit -- area endapan pasir di lautan yang berada di ujung Semenanjung Kinburn di wilayah Mykolaiv.

"Begitu ada hasilnya, kami akan melaporkannya," ucap juru bicara komando militer zona selatan Ukraina, Natalia Gumeniuk.

Area endapan pasir itu membentang hingga ke Laut Hitam dan terbagi dua, yakni di area barat yang merupakan bagian wilayah Mykolaiv dan area timur yang merupakan bagian wilayah Kherson.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT