Zelensky Tuding Rusia Jadikan Musim Dingin Senjata Pemusnah Massal

ADVERTISEMENT

Zelensky Tuding Rusia Jadikan Musim Dingin Senjata Pemusnah Massal

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 04:01 WIB
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia mencoba menggunakan musim dingin sebagai senjata pemusnah massal. Zelensky menyebut Rusia sengaja menyerang infrastruktur energi agar Ukraina tak bisa menghadapi musim dingin.

"Kremlin ingin mengubah dinginnya musim dingin ini menjadi senjata pemusnah massal," kata Zelensky pada pertemuan walikota Prancis dalam pesan video seperti dilansir AFP, Rabu (23/11/2022).

"Untuk bertahan di musim dingin ini dan untuk mencegah Rusia mengubah hawa dingin menjadi alat teror dan ketundukan, kami membutuhkan banyak hal," tambahnya.

Zelensky mendesak agar Asosiasi Walikota Prancis mengirimkan Ukraina generator, dukungan untuk operasi penjinakan ranjau, dan peralatan untuk layanan darurat dan medis Ukraina. Bantuan itu, kata dia, untuk membantu Ukraina menghadapi teroris Rusia.

"Saya meminta Anda untuk sangat konkret dengan bantuan Anda dan untuk mendukung kota-kota dan masyarakat melawan terorisme," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan jutaan nyawa Ukraina terancam karena jaringan listrik negara itu kesulitan di bawah rentetan serangan Rusia. Sementara itu, Rusia juga sengaja menargetkan infrastruktur energi hingga menyebabkan jutaan rumah di seluruh negeri tanpa listrik saat suhu turun.

"Musim dingin ini adalah tentang kelangsungan hidup," direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin, menambahkan itu akan "mengancam nyawa jutaan orang di Ukraina".

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT