PM Inggris Terkejut dan Turut Berduka Atas Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

PM Inggris Terkejut dan Turut Berduka Atas Gempa Cianjur

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 13:18 WIB
Siapa Perdana Menteri Inggris Sekarang? Ini Profil Rishi Sunak
PM Inggris Rishi Sunak (Foto: Getty Images/Dan Kitwood)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menyatakan terkejut dan turut berduka atas bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

"Saya terkejut atas bencana mengerikan yang terjadi di Indonesia," tulis Sunak dalam postingan di Twitter, Selasa (22/11/2022).

"Baru minggu lalu saya merasakan kehangatan, kemurahan hati, dan kebaikan orang Indonesia. Saya turut berduka atas kejadian ini," imbuh pemimpin Inggris itu.

"Inggris mendukung Anda @jokowi dan seluruh rakyat Indonesia di masa sulit ini," kata Sunak.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas mengungkapkan sebanyak 162 orang tewas akibat gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Sebanyak 326 warga turut dilaporkan luka-luka.

"Yang tercatat meninggal 162, luka-luka 326 orang, pengungsi 13.784 orang," ungkap Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi dalam konferensi pers di kantor Basarnas, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Henri membeberkan, data korban gempa Cianjur tersebut tercatat hingga pukul 20.00 WIB pada Senin (21/11). Korban akibat gempa dikatakan berpotensi masih bisa bertambah hari ini.

"Data korban dan materiil sampai dengan tanggal 21 November pukul 20.00 WIB laporan BPBD Kabupaten Cianjur, tadi malam. Sekarang sudah pagi," tuturnya.

Sementara ribuan rumah dan bangunan juga rusak imbas guncangan gempa M 5,6 kemarin. Menurutnya, sebanyak 2.345 rumah dan bangunan tercatat mengalami kerusakan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT