Jalan Puncak Sempat Tertutup Longsor, Ini Rute ke Cianjur Via Jonggol

ADVERTISEMENT

Jalan Puncak Sempat Tertutup Longsor, Ini Rute ke Cianjur Via Jonggol

Rizky Adhan Mahendra - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 12:56 WIB
Jalan menuju Cianjur, Jabar via Jonggol.
Jalan menuju Cianjur, Jabar, via Jonggol. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta -

Akses jalan nasional Cianjur-Cipanas-Puncak sempat terputus akibat longsor. Pengendara dari Jakarta yang hendak menuju Cianjur dapat melewati rute lain, yaitu Jonggol, Kabupaten Bogor.

detikcom dari Jakarta melewati Jonggol untuk menuju Cianjur pada Selasa (22/11/2022) pagi. Perjalanan dimulai dari Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, sekitar pukul 07.00 WIB menggunakan mobil.

Sesampai Jalan Transyogi atau alternatif Cibubur, kendaraan melaju lurus hingga memasuki Kecamatan Cileungsi, Jonggol, Kabupaten Bogor.

Lalu lintas dari Jakarta menuju Jonggol di Jalan Transyogi ramai lancar pagi tadi. Laju kendaraan sempat terhenti di sejumlah putar balik (U-turn), seperti di sekitar Kota Wisata.

Setiba di Jonggol, tepatnya setelah Pasar Jonggol, ruas jalan mulai menyempit. Truk pengangkut material, seperti bebatuan, meramaikan kondisi jalan.

Permukaan jalan tampak berlubang dan tidak rata. Selain itu, jalan berkelok-kelok karena area pegunungan.

Perjalanan dilanjutkan melewati Kecamatan Cariu hingga Kecamatan Tanjungsari yang terletak di ujung timur Kabupaten Bogor. Setelah melewati wilayah Tanjungsari, kemudian tiba di Kecamatan Cikalong Kulon yang sudah masuk wilayah Kabupaten Cianjur.

Dari sana, jarak tempuh menuju Kecamatan Cianjur atau pusat pemerintah Kabupaten Cianjur masih sekitar 30 km.

Jalur Cianjur-Bogor via Puncak Tertutup

Sebelumnya diberitakan, akses jalan nasional Cianjur-Cipanas-Puncak terputus akibat longsor. Diketahui, longsor itu terjadi karena gempa bumi di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Kecamatan Cugenang, pada Senin (21/11) kemarin.

"Ada dua jalan yang sekarang mengalami tidak bisa ditembus karena longsor, yaitu satu jalan nasional dan satu jalan kabupaten," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy di Pendopo Cianjur.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT