ADVERTISEMENT

Presiden China Bertemu Wapres AS di Sela-sela KTT APEC, Bahas Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 14:10 WIB
Chinas President Xi Jinping arrives to attend the APEC Economic Leaders Meeting during the Asia-Pacific Economic Cooperation, APEC summit, Saturday, Nov. 19, 2022, in Bangkok, Thailand. (Jack Taylor/Pool Photo via AP)
Presiden China Xi Jinping saat menghadiri KTT APEC di Bangkok (Jack Taylor/Pool Photo via AP)
Bangkok -

Presiden China Xi Jinping dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris menggelar pertemuan singkat di sela-sela menghadiri KTT APEC di Bangkok, Thailand. Pertemuan itu digelar hanya beberapa hari setelah Xi melakukan pembicaraan langsung dengan Presiden Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2022), seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebut namanya mengungkapkan bahwa Harris berbicara singkat dengan Xi saat keduanya sama-sama menghadiri KTT APEC di Bangkok.

Menurut pejabat Gedung Putih itu, Harris memperkuat pesan yang disampaikan Biden sebelumnya kepada Xi soal mempertahankan komunikasi terbuka antara kedua negara.

"Kita harus menjaga jalur komunikasi terbuka untuk mengelola persaingan antara negara kita secara bertanggung jawab," sebut pejabat Gedung Putih itu merujuk pada pernyataan Harris kepada Xi dalam pertemuan di Bangkok.

Pembicaraan singkat antara Xi dan Harris itu terjadi setelah AS menyatakan tengah mendorong China untuk melakukan lebih banyak hal untuk mengendalikan sekutunya, Korea Utara (Korut), usai uji coba rudal balistik pada Jumat (18/11) waktu setempat.

Para pejabat AS dan Jepang menyebut rudal balistik antarbenua (ICBM) yang diluncurkan pada Jumat (18/11) itu mampu menjangkau daratan utama AS.

Xi yang melakukan kunjungan ke luar negeri kedua sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela, menggelar pertemuan secara luas dengan berbagai pemimpin asing di Bangkok juga di Bali saat menghadiri KTT G20.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT