Nancy Pelosi Mundur Dari Jabatan Ketua DPR AS

ADVERTISEMENT

Nancy Pelosi Mundur Dari Jabatan Ketua DPR AS

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 03:21 WIB
FILE - Speaker of the House Nancy Pelosi, D-Calif., speaks during a news conference Friday, July 29, 2022, at the Capitol in Washington. Pelosi arrived in Singapore early Monday, kicking off her Asian tour as questions swirled over a possible stop in Taiwan that has fueled tension with Beijing. (AP Photo/J. Scott Applewhite, File)
Nancy Pelosi (Foto: AP Photo/J. Scott Applewhite, File)
Jakarta -

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai pemimpin Demokrat di DPR. Keputusan itu diambil oleh Nancy Pelosi usai Partai Republik menang di pemilihan.

Dilansir Reuters, Jumat (18/11/2022) politikus 82 tahun itu mengatakan nantinya tetap akan berada di Kongres mewakili San Francisco di DPR seperti yang telah ia lakukan selama 35 tahun.

Pelosi mendapatkan sorakan dari sesama Demokrat saat dia menyampaikan pengumuman pengunduran dirinya. Dia menyebut ruang DPR sebagai "tanah suci" dan "jantung demokrasi Amerika".

Dia juga bercerita saat mengunjungi Capitol untuk pertama kalinya sebagai seorang anak ketika ayahnya dilantik sebagai anggota DPR.

"Demokrasi Amerika itu agung tetapi rapuh. Banyak dari kita di sini telah menyaksikan kerapuhan kita secara langsung, secara tragis di ruangan ini. Jadi demokrasi harus selamanya dipertahankan dari kekuatan yang ingin merusaknya," kata Pelosi, menyinggung serangan terhadap Capitol. tahun lalu oleh pendukung mantan Presiden Donald Trump.

"Kami rakyat-satu negara, satu takdir," tambah Pelosi.

Pelosi juga mencatat peningkatan jumlah perempuan yang bertugas di DPR sejak pertama kali bergabung. Dia berterima kasih kepada keluarga dan stafnya.

"Hari baru akan segera tiba," tambah Pelosi.

Sementara itu dilansir AFP, Nancy Pelosi mengatakan saatnya generasi baru untuk memimpin Demokrat. Ia juga mengatakan tidak akan kembali ikut dalam pemilihan di Kongres berikutnya.

"Bagi saya, waktunya telah tiba bagi generasi baru untuk memimpin kaukus Demokrat yang sangat saya hormati," kata Pelosi.

"Saya tidak akan mencari pemilihan kembali untuk kepemimpinan Demokrat di Kongres berikutnya," tuturnya.

Simak juga Video: Donald Trump Calonkan Diri Sebagai Presiden AS Lagi

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT